Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Belanja Produk Dalam Negeri

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:21 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) saat membacakan pidato saat upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka Jakarta Rabu 5 Oktober 2022. ((SM Banyumas/dok BPMI Setpres) )
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) saat membacakan pidato saat upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka Jakarta Rabu 5 Oktober 2022. ((SM Banyumas/dok BPMI Setpres) )

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya belanja produk dalam negeri untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM.

Salah satunya dengan mengalokasikan dana dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk belanja produk dalam negeri.

"Ini uang APBN, APBD yang kita kumpulkan dari pajak, dari royalti, dari bea ekspor, dari penerimaan negara bukan pajak bersusah payah kita kumpulkan, terkumpul kemudian kita belanjakan produk impor, ndak, sama sekali ndak bener," tegasnya seperti dilansir banyumas.suaramerdeka.com dari laman setkab.go.id, Rabu 12 Oktober 2022.

Baca Juga: Survei Terkait Pemilu di Sibrama Kemranjen, Petugas Kena Bacok ODGJ

Menurutnya, pemerintah melalui kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah berkomitmen untuk pembelian produk dalam negeri.

Target anggaran belanja produk dalam negeri yang ditetapkan pemerintah diakuinya belum sepenuhnya terealisasi.

Namun, Presiden Jokowi meyakini kapasitas produksi UMKM akan meningkat jika anggaran tersebut dapat terealisasi 100 persen.

"Memang realisasinya untuk BUMN baru 72 persen, kemudian untuk APBN dan APBD memang masih kecil masih 44 persen dari angka yang tadi saya sampaikan Rp 950 triliun. Tetapi kalau ini nanti terealisasi 100 persen akan kelihatan sekali UKM kita harus menaikkan kapasitas produksi produk-produknya," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Catat Tanggalnya

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Milenial Banyumas Genjot Pemasaran Online

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:21 WIB

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X