Bank Indonesia Purwokerto Implementasikan QRIS di Destinasi Dataran Tinggi Dieng

- Sabtu, 3 September 2022 | 12:30 WIB
Bank Indonesia Purwokerto mengimplementasikan QRIS di seluruh destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng. (foto dok BI Purwokerto)
Bank Indonesia Purwokerto mengimplementasikan QRIS di seluruh destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng. (foto dok BI Purwokerto)

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto mengimplementasikan standar kode QR nasional (QRIS) di seluruh destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng.

Destinasi wisata tersebut antara lain adalah Candi Arjuna, Museum Kailasa, dan Kawah Sikidang.

Impelementasi sistem pembayaran nontunai ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Bank Jateng Kabupaten Banjarnegara, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa.

Selain itu, BI Purwokerto juga mengimplementasikan QRIS kepada 30 homestay syariah dan pelaku UMKM di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga: Bayar Tak Lagi Ribet, Hanya Tinggal Pindai Kode QRIS Pakai Gawai

Dengan demikian, seluruh transaksi yang dilakukan wisatawan di Dataran Tinggi Dieng dapat menggunakan pembayaran nontunai menggunakan QRIS, mulai dari destinasi wisata, akomodasi, dan UMKM berupa toko oleh-oleh.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan mengatakan, peluncuran sistem pembayaran nontunai menggunakan QRIS merupakan rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2022 dan QRIS Jazz Atas Awan.

Peluncuran ini sebagai bentuk edukasi QRIS yang dipadukan dengan dukungan Bank Indonesia terhadap sektor pariwsata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Implementasi QRIS di Banyumas Raya Meningkat

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Beras Mencukupi hingga Akhir Tahun

Jumat, 25 November 2022 | 06:15 WIB

BPJamsostek Sasar Pekerja Jasa Kontruksi

Kamis, 17 November 2022 | 11:58 WIB
X