Mantan Pekerja yang Mempekerjakan Banyak Karyawan

- Jumat, 2 September 2022 | 16:13 WIB
Indra Gunawan S.IP (foto dok)
Indra Gunawan S.IP (foto dok)

KECINTAANNYA terhadap buku sejak kecil telah menginspirasi Indra Gunawan, S.IP, sebagai penulis sekaligus pengusaha.

Pria yang lahir 24 April 1984 ini sejak kecil gemar sekali membaca, bahkan ia lebih senang ketika orang tuanya membelikan buku atau majalah anak-anak daripada makanan.

Ketika duduk di bangku SMP, satu buku yang ia pinjam di perpustakaan dapat selesai dalam satu hari. Kegemarannya membaca buku telah mendorongnya menulis buku fiksi.

Karya novel pertama ia tulis pada 2007. Novel tersebut sempat ditolak sampai tiga kali oleh penerbit, namun akhirnya pada 2013 novel tersebut berhasil terbit dan terjual kurang lebih 3.000 eksemplar. Sejak saat itu dia lebih dikenal dengan nama penanya yaitu Indra Defandra.

Selain menulis novel, ia juga menulis banyak cerpen. Beberapa karya di antaranya pernah terbit di surat kabar.

Kecintaannya terhadap buku mendorong Indra mendirikan sebuah penerbitan. Pada 11 November 2014, ia mendirikan CV penerbitan bernama Satria Indra Prasta (SIP) Publishing.

Baca Juga: 16 Juta Pekerja Bergaji di Bawah 3,5 Juta Akan Dapat Bansos Rp 600 Ribu

"Jujur, saat itu saya tidak terlalu berharap CV ini akan menjadi usaha yang bisa menjadi sebuah penghidupan, karena waktu itu saya sudah bekerja menjadi fasilitator pemberdayaan di sebuah program pemerintah sejak tahun 2008," katanya mengisahkan.

Ia mengatakan tujuan mendirikan penerbitan saat itu hanyalah sebagai syarat mengajukan ISBN (Internasional Standard Book Number) untuk menerbitkan satu judul buku, karena pengajuan ISBN harus melalui lembaga berbentuk yayasan, CV, atau PT.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Beras Mencukupi hingga Akhir Tahun

Jumat, 25 November 2022 | 06:15 WIB

BPJamsostek Sasar Pekerja Jasa Kontruksi

Kamis, 17 November 2022 | 11:58 WIB

BRI Borong Tiga Penghargaan Jambore PR Indonesia

Minggu, 13 November 2022 | 17:45 WIB
X