Kemendag Targetkan Digitalisasi Pasar Rakyat dan Pedagang UMKM

- Senin, 25 Juli 2022 | 14:26 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (foto dok Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (foto dok Kemendag)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag)menargetkan percepatan digitalisasi pasar rakyat dan pedagang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Digitalisasi pasar bertujuan agar pasar-pasar rakyat memiliki lokapasar (marketplace) dan platform menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan seperti dilansir dari laman kemendag.go.id, Senin 25 Juli 2022.

Dia menambahkan, digitalisasi pasar juga akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi.

Target percepatan digitalisasi ini untuk 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 pedagang UMKM di seluruh Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo agar Kementerian Perdagangan melakukan digitalisasi pasar rakyat.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, Indonesia dengan jumlah lebih dari 64 juta UMKM memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan UMKM dan Ekonomi Digital, Bank Indonesia Purwokerto Gelar Ngapak Festival 2022

"Namun, jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan," katanya.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut, Kemendag bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dengan pelaku UMKM dan berbagai pemangku kepentingan.

Di antaranya dengan Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS); pemanfaatan lokapasar melalui Tokopedia; pemanfaatan ride hailing melalui Grab.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: kemendag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi Purwokerto dan Cilacap 2022 Diprediksi Tinggi

Senin, 5 Desember 2022 | 13:50 WIB

Stok Beras Mencukupi hingga Akhir Tahun

Jumat, 25 November 2022 | 06:15 WIB
X