Kanwil DJP II Jateng Layangkan Tindakan Penagihan Terhadap WP Nakal

- Rabu, 20 Juli 2022 | 21:51 WIB
Pelaksana Harian Kepala Kanwil DJP Jateng II Lindawaty dalam kegiatan media gathering bersama wartawan Banyumas Raya, Selasa 19 Juli 2022 di Java Heritage Hotel  Purwokerto. (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)
Pelaksana Harian Kepala Kanwil DJP Jateng II Lindawaty dalam kegiatan media gathering bersama wartawan Banyumas Raya, Selasa 19 Juli 2022 di Java Heritage Hotel Purwokerto. (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jawa Tengah II, selama Semester I 2022 telah melayangkan tindakan penagihan terhadap wajib pajak (WP) nakal.

Pelaksana Harian Kepala Kanwil DJP Jateng II Lindawaty dalam kegiatan media gathering bersama wartawan Banyumas Raya, Selasa 19 Juli 2022 di Java Heritage Hotel menyampaikan , realisasi tindakan penagihan semester I 2022 telah menyampaikan 38.559 surat teguran.

Di samping surat teguran, lanjut Lindawaty, Kanwil DJP II Jateng juga telah melayangkan 11.583 surat paksa, 470 penyitaan, 139 pemblokiran, 44 penjualan barang sitaan dan 6 pencegahan ke luar negeri.

Baca Juga: Ada Luka Semacam Lilitan, Pengacara Keluarga Brigadir J: Keluarga Yakin Terkait Dugaan Pembunuhan Berencana

"Tindakan penagihan tersebut dilaksanakan di 11 kantor pelayanan pajak pratama dan satu kantor pelayanan pajak madya yang tersebar di Kanwil DJP Jateng II," kata dia.

Lindawaty menambahkan untuk tindakan gijzeling atau oenyanderaan terhadap wajib pajak karena mengemplang, pada tahun 2022 untuk Kanwil DJP Jateng II tidak ada kasusnya.

"Gijzeling atau penyanderaan terhadap wajib pajak denngan cara dititipkan di lembaga pemasyarakatan merupakan langkah terakhir bila tahapan-tahapan yang ditempuh untuk menyelesaikan tunggakan pajak tidak teratasi. Tidak mudah untuk melakukan penyanderaan, karena banyak tahapan yang harus ditempuh," terang dia.

Baca Juga: Menara Babel, Kisah di Mana Pada Mulanya Bahasa Manusia Hanyalah Satu Kemudian Menjadi Beragam

Dia sendiri berharap di wilayah Kanwil DJP II Jateng tidak sampai terjadi penyanderaan. Biasanya sebelumdilakukan penyanderaan, wajib pajak memiliki itikad baik untuk membayar kewajiban pajak yang harus disetor.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X