Menkop UKM: Pasca Pandemi Covid-19, UMKM Diminta Bisa Bertransformasi Maksimal

- Minggu, 5 Juni 2022 | 15:11 WIB
KETERANGAN PERS: Menteri Koperasi dan UKM  (kanan) didampingi Rektor  UMP Dr Jebul Suroso memberikan keterangan pers saat mau mengisi orasi  ilmiah dalam puncak Milad ke-57 UMP, Sabtu  4 Juni 2022 kemarin. (SM-banyumas/Agus Wahyudi-)
KETERANGAN PERS: Menteri Koperasi dan UKM (kanan) didampingi Rektor UMP Dr Jebul Suroso memberikan keterangan pers saat mau mengisi orasi ilmiah dalam puncak Milad ke-57 UMP, Sabtu 4 Juni 2022 kemarin. (SM-banyumas/Agus Wahyudi-)

PURWOKERTO,suaramerdeka-banyumas.com-Pasca pandemi Covid-19, semua pelaku usaha yang masih dalam tingkatan UMKM diminta segera bisa bertransformasi dari informal ke formal, transformasi ke digital dan menjadi wirausaha-wirausaha mapan sehingga bisa naik kelas.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, sebelum memberikan orasi ilmiah pada puncak Milad Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ke-57, di Ruang AK Anshori Rektorat UMP, Sabtu 4 Juni 2022 kemarin.

Menurutnya, selain itu mereka harus bisa menyiapkan UMKM masa depan yang mempuayai produk-produk yang lebih kompetitif, baik di pasar domestik maupun global, termasuk juga model bisnisnya menjadi makin inovatif.

Baca Juga: Berkembang Pesat, Muhammadiyah Kini Mempunyai 417 Pondok Pesantren Seluruh Indonesia

"Berbagi ekossten untuk menuju ke sana, sudah kita siapkan, termasuk di dalam UU Cipta Kerja. Dalam pelaksanaaanya, kita perlu bergandengan tangan, berkolaborasi dengan berbagai universitas atau kampus," kata Menteri Teten.

Dia mengatakan,produk-produk UMKM jug diminta mulai melirik yang punya potensi besar yang menjadi keunggulan domestik, sehingga produknya bisa kompetitif.

Karena itu, dalam kerja sama dengan universitas, pihaknya ingin dirumuskan tentang bagaimana mengembangkan riset di perguruan tinggi yang bisa dikomersialisasi dan dihilirisasi bersama UMKM.

Baca Juga: Santri Zam Zam Diharapkan Jadi Pemimpin Perubahan Masa Depan

Tetan mengaku, sempat bertemu dengan anak-anak muda dan mahasiswa UMP saat Kuliah Umum Kewirausahaan pada acara "Paten Goes To Campus" yang dirangkai dengan pembukaan "Enterpreneur Creative Project (ECP) 2022".

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Agustus 2022, PT BPR BKK Purwokerto Tumbuh Signifikan

Jumat, 23 September 2022 | 18:22 WIB

Gudang JNE Cimanggis Kebakaran, JNE Siap Ganti Rugi

Selasa, 13 September 2022 | 14:20 WIB

Agustus 2022, Purwokerto dan Cilacap Tercatat Deflasi

Jumat, 2 September 2022 | 16:35 WIB

Mantan Pekerja yang Mempekerjakan Banyak Karyawan

Jumat, 2 September 2022 | 16:13 WIB

Pembukaan Rekening Pelajar Capai Rp 1,8 Miliar

Senin, 29 Agustus 2022 | 16:16 WIB
X