Strategi Bauran Kebijakan BI Dorong Pertumbuhan Ekonomi

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:13 WIB
Bank Indonesia Purwokerto meluncurkan program komunikasi kebijakan pengembangan UMKM sekaligus mengangkat potensi-potensi di eks Karesidenan Banyumas, melalui Podcast Ngopi Ngapak (Ngobrol Pintar Ngasih Dampak).  (SMBanyumas/Puji Purwanto)
Bank Indonesia Purwokerto meluncurkan program komunikasi kebijakan pengembangan UMKM sekaligus mengangkat potensi-potensi di eks Karesidenan Banyumas, melalui Podcast Ngopi Ngapak (Ngobrol Pintar Ngasih Dampak). (SMBanyumas/Puji Purwanto)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Bank Indonesia terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Strategi bauran kebijakan pada tahun 2022 dengan mengoptimalkan lima instrumen. Pertama, instrumen kebijakan moneter yang akan lebih diarahkan untuk menjaga stabilitas (pro-stability).

Kemudian, empat kebijakan lainnya diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (pro-growth), yaitu kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau.

"Pelaksanaan strategi nasional tersebut sangat bertumpu pada implementasi di daerah, sehingga sinergi antara KPwBI dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholders terkait perlu terus diperkuat," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman.

Baca Juga: Hebitren dan BI Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

Ia mengatakan itu pada upacara pengukuhan pemimpin baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto (KPwBI) Purwokerto, Rabu 18 Mei 2022.

Rony Hartawan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, yang sebelumnya dijabat oleh Bapak Samsun Hadi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia juga menyampaikan apresiasi atas berbagai inisiatif yang telah dilakukan Pemerintah Daerah bersama KPwBI Purwokerto dan seluruh stakeholders.

Ia berharap sinergi kebijakan dapat terus dilakukan ke depan untuk memajukan ekonomi eks Karesidenan Banyumas.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pulang Kampung Budi Daya Lidah Buaya

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:16 WIB

Harga Cabai Capai Rp 100 Ribu

Jumat, 10 Juni 2022 | 16:35 WIB

Harga Telur Ayam dan Tepung Terigu Naik

Rabu, 8 Juni 2022 | 13:54 WIB

Aset Perbankan di Banyumas Raya Tumbuh 9,51%

Jumat, 3 Juni 2022 | 15:52 WIB
X