BRI Cabang Purwokerto Dorong Percepatan Pemulihan UMKM

- Rabu, 16 Maret 2022 | 16:25 WIB
MEMBERI TESTIMONI : Nasabah BRI Purwokerto memberikan testimoni pengalaman menjadi nasabah dan peran BRI kepada pelaku usaha ketika menghadapi pandemi Covid-19. (SMBanyumas/Puji Purwanto)
MEMBERI TESTIMONI : Nasabah BRI Purwokerto memberikan testimoni pengalaman menjadi nasabah dan peran BRI kepada pelaku usaha ketika menghadapi pandemi Covid-19. (SMBanyumas/Puji Purwanto)


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Kantor Cabang Purwokerto mempercepat pemulihan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Banyumas setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Pemimpin BRI Kantor Cabang Purwokerto, Mustofa Adi Saputro mengatakan, dengan situasi saat ini Covid-19 telah melandai dibuktikan dengan adanya aktivitas masyarakat yang cenderung normal menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk secepatnya melakukan recovery.

"Kami dari sisi perbankan, sebagai lembaga pengelolaan dana dan penyalur kredit, ingin membantu pelaku usaha segera recovery dari usahanya yang sempat terpuruk sejak dua tahun terakhir.

Ini momennya kami membantu mereka dari sisi pembiayaan," katanya saat ditemui di sela-sela acara Gathering dengan nasabah dengan tema Balik Untung Usaha Melambung di aula lantai 3 kantor cabang Purwokerto, Rabu 16 Maret 2022.

Baca Juga: UMKM Dapat Prioritas Alokasi Anggaran PEN

Dia menambahkan, pembiayaan modal usaha yang disalurkan dari BRI untuk merangsang aktivitas usaha yang nantinya dapat bermuara pada geliat ekonomi di wilayah Kabupaten Banyumas.

"Kalau kami bisa memberikan modal kepada mereka, saya yakin usaha mereka akan segera bangkit kembali. Kemudian ekonomi terutama di Banyumas bisa bergulir normal kembali," katanya.

Dia menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah telah mencapai 3,6%, sedangkan pertumbuhan ekonomi Yogyakarta mencapai 5,2%. Capaian ini sudah mendekati pertumbuhan ekonomi normal sebelum pandemi Covid-19.

"Ini momennya pas untuk kita memberikan gebrakan supaya pelaku UMKM segera pulih lagi," katanya.

Adi mengemukakan, sebelumnya para pelaku usaha khawatir dengan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga, mereka belum mengakses pembiayaan lagi setelah lunas, sedangkan bagi mereka yang angsuran kreditnya hampir lunas tidak berani mengambil lagi.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X