Terkenal Daerah Pemasok Gula Tingkat Nasional, Jumlah Penderes dI Banyumas Terus Menurun

- Rabu, 9 Februari 2022 | 18:51 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungannya ke IKM produksi gula palma KSU Nira Satria, Banyumas, Selasa 7 Desember 2021. (SMBanyumas/dok)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungannya ke IKM produksi gula palma KSU Nira Satria, Banyumas, Selasa 7 Desember 2021. (SMBanyumas/dok)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com-Jumlah penderes nira kelapa di Kabupaten Banyumas hingga kini terus menurun.

Tidak adanya regenerasi hingga tingkat pendapatan yang pas-pasan menjadi penyebab menurunnya jumlah produsen gula kelapa ini.

Sekretaris Desa Kedungurang, Tri Wahyudi Prasetyo mengatakan saat ini jumlah penderes nira kelapa ada di kisaran angka 240 orang.

Padahal beberapa tahun sebelumnya angkanya mencapai 500-an orang.

Baca Juga: Polres Purbalingga Semprot Tempat Umum dengan Disinfektan Eco Enzim

"Jadi berkurang lebih dari 50 prosen lebih produsen gula kelapa ini. Memang untuk mencari regenerasi profesi penderes sangat sulit," katanya.

Selain itu, profesi penderes ini memang terbilang profesi dengan tingkat risiko tinggi. Namun sayangnya hal ini belum dibarengi dengan pendapatan yang memuaskan harapan keluarga. Makanya banyak penderes yang beralih ke profesi lainnya.

"Jadi meskipun ada juga kelompok yang memfasilitasi jaminan ketenagakerjaan secara mandiri dan mengupayakan untuk peningkatan pendapatan, namun banyak yang berhenti. Faktor usia dan kesehatan juga menjadi hal yang tak dapat dihindarkan," katanya.

Baca Juga: ASN Kormorbid Disarankan Boleh  Bekerja Dari Rumah

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X