3,3 Ton Daun Talas Diekspor ke Australia, Perkilogram 2 Dolar AS

- Kamis, 13 Januari 2022 | 06:43 WIB
Pelepasan ekspor daun talas beneng dilakukan di Depo Pemeriksaan dan Perlakuan Karantina di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, awal Desember 2021 lalu (SM Banyumas/Dok Pemprov Jateng).
Pelepasan ekspor daun talas beneng dilakukan di Depo Pemeriksaan dan Perlakuan Karantina di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, awal Desember 2021 lalu (SM Banyumas/Dok Pemprov Jateng).

SEMARANG, suaramerdeka-banyumas.com-3,3 ton daun talas beneng yang mulai difungsikan sebagai penggganti daun tembakau mulai diekspor dari Jawa Tengah menuju Australia sejak awal Desember 2021 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Tri Susilarjo mengatakan harga per kilogramnya harganya 2 dolar AS.

Ia mengatakan sejumlah komoditas pertanian dan perkebunan yang ada di Jawa Tengah ternyata diminati pasar luar negeri.

Baca Juga: Diluncurkan, Aplikasi Jeknyong Jemput Sampah Secara Online di Banyumas

Menurutnya, daun talas ini memiliki peruntukan sebagai substitusi atau pengganti tembakau. Jika tembakau memiliki kandungan nikotin, daun talas tidak memiliki kandungan nikotin.

"Masyarakat belum begitu mengetahui kandungan daun talas. Padahal potensinya menjanjikan.

Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahannya untuk menanam daun talas," jelasnya saat Pelepasan ekspor daun talas beneng dilakukan di Depo Pemeriksaan dan Perlakuan Karantina di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagaimana dirilis dalam laman resmi Pemprov Jateng.

Baca Juga: Kecam Penendangan Sesajen di Lumajang, Aliansi Masyarakat Peduli Budaya Minta Pelaku Serahkan Diri ke Polisi

Ditambahkan, pemprov terus berupaya agar ekspor tetap berjalan. Pihaknya akan mendorong agar daun talas tetap ditanam, sehingga hasilnya bisa diekspor. Seperti halnya komoditas potensial lainnya yaitu porang, kacang tanah, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Kapulaga Anjlok, Petani Simpan Stok

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:43 WIB

Pelaku UMKM Sangat Terbantu dengan JNE

Rabu, 5 Januari 2022 | 20:59 WIB
X