Digitalisasi Pemasaran Memacu UMKM Banyumas Naik Kelas

- Selasa, 30 November 2021 | 20:07 WIB
Pemilik produk Nila Crispy Purwokerto, Sri Narsih menata dagangannya yang siap dikirim ke luar daerah. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
Pemilik produk Nila Crispy Purwokerto, Sri Narsih menata dagangannya yang siap dikirim ke luar daerah. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

PEMILIK Nila Crispy "Sarmila" Purwokerto, Sri Narsih menunjukkan produk yang telah bungkus ukuran 100 gram di rumah produksinya.

Kemasan plastik makanan yang sudah dilabeli Nila Crispy "Sarmila" dilengkapi dengan keterangan bahan-bahan yang digunakan, logo izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikat Halal dari Majlis Ulama Indonesia (MUI).

Di masa pandemi Covid-19 menjadi titik balik bagi Sri Narsih dalam mengembangkan usaha setelah sebelumnya terpuruk pada awal tahun 2020.

Ia mencoba melakukan digitalisasi pemasaran dengan beralih dari penjualan konvensional ke penjualan daring karena dinilai lebih menguntungkan.

Sebelumnya, ia hanya mengandalkan pemasaran produk dengan menawarkan ke beberapa toko oleh-oleh, lingkungan serta teman dekatnya. Pola penjualan ini dapat mendorong laju usahanya semakin berkembang.

Dalam sebulan, rata-rata ia memproduksi antara 50 kilogram hingga 100 kilogram. Nila crispy dihargai Rp 20.000 hingga 22.000 per bungkus kemasan 100 gram.

Namun, ketika usaha telah berkembang tantangan bisnis pun menghadang. Pandemi sejak Maret 2020 membuat usahanya lumpuh. Sistem konsinyasi dengan toko oleh-oleh di Banyumas macet, sehingga membuat modal operasional membengkak.

Baca Juga: Di Banyumas, 81 Calon Kepala Desa Akan Bertarung di Pilkades Serentak 15 Desember

Bahkan, toko oleh-oleh banyak yang tutup. Saluran pemasaran produk tersumbat. Akibatnya, pendapatan turun drastis. Dalam sebulan ia hanya memproduksi 17 kilogram. Itu pun penjualannya tidak lancar.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Kapulaga Anjlok, Petani Simpan Stok

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:43 WIB

Pelaku UMKM Sangat Terbantu dengan JNE

Rabu, 5 Januari 2022 | 20:59 WIB

Pertamina Pastikan Stok BBM Nasional Aman

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:53 WIB

Harga Sembako di Banyumas Melonjak

Senin, 27 Desember 2021 | 15:55 WIB
X