Implementasi QRIS di Banyumas Raya Meningkat

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:57 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Samsun Hadi memberikan sambutan pada pembukaan QRIS Ngapak Festival 2021. (SMBanyumas/dok)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Samsun Hadi memberikan sambutan pada pembukaan QRIS Ngapak Festival 2021. (SMBanyumas/dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Implementasi QRIS di wilayah eks Karesidenan Banyumas menunjukan tren kenaikan positif.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, mencatat jumlah merchant QRIS pada akhir Desember 2020 sebanyak 65.011 merchant.

Jumlah ini meningkat pada 10 Semptember 2021 menjadi 107.890 merchant.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Samsun Hadi, peningkatan ini dikarenakan pembayaran menggunakan QRIS memiliki banyak kelebihan antara lain mudah dan cepat.

Baca Juga: Bank Indonesia Purwokerto Gelar QRIS Ngapak Festival 2021

Masyarakat hanya cukup men-scan QR Code yang disediakan dan memasukan nominal yang diinginkan melalui aplikasi mobile banking ataupun dompet digital yang mereka miliki.

Kemudian, transaksi menggunakan QRIS tidak dipungut biaya sama sekali, metode pembayaran yang nirkontak dan bisa dilakukan pembayaran tanpa tatap muka.

"Ini semakin menarik minat masyarakat menggunakan QRIS sebagai alternatif pembayaran," katanya.

Selain itu, sambung dia, di era pandemi seperti saat ini, penggunaan QRIS merupakan cara bertransaksi yang aman karena meminimalisir kontak antara pedagang dan pembeli serta kontak dengan uang tunai.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Milenial Banyumas Genjot Pemasaran Online

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:21 WIB

Pelaku UMKM Banyumas Didorong Masuk Anggota Asosiasi

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:14 WIB
X