Pileg Tetap ke Sistem Proporsional Terbuka, Gerindra Banyumas Buka Lagi Pendaftaran Pencalegan

- Minggu, 29 Januari 2023 | 10:49 WIB
 
PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Sinyal pemerintah sepakat untuk tetap memakai sistem proporsional terbuka (coblos calon legislatif) pada Pemlu 2024, kembali memberi angin segar bagi sejumlah partai, yang sebelumnya masih kekurangan caleg.
 
Mereka kembali bisa memaksimalkan perekrutan untuk pengisian daftar caleg yang masih kurang maupun kosong.
 
Di Kabupaten Banyumas, salah satu yang masih membuka pendaftaran bakal caleg adalah DPC Partai Gerindra. Pasalnya dari enam daerah pemilihan (Dapil) untuk DPRD Banyumas, masing-masing dapil belum terpenuhi jumlah sesuai kursi yang bakal diperebutkan.
 
 
"Sampai sekarang banyak dapil yang kosong, dan ini hampir semua dapil. Sekarang agak sulit mencari caleg.
 
Apalagi sebelumnya sempat ada usulan untuk memakai sisitem proporsional tertutup, yang mau mendaftar sedikit dan masih ogah-ogahan," kata Sekretaris DPC Partai Gerindara Kabupaten Banyumas, Rachmat Imanda, usai rapat penyusunan kepengurusan DPC  periode 2023-batas tak ditentukan, Jumat 27  Januari 2023.
 
Menurutnya, minat mendaftar caleg sempat menurun secara tidak langsung terpengaruh dinamika usulan penerapan sistem proporsional tertutup (coblos parpol). 
 
Pendaftaran pencalegan yang kurang ini, diakui, hampir terjadi di semua partai politik.
 
 
"Dengan pemerintah menolak sistem proporsional tertutup dan tetap memakai sistem proporsional terbuka (clolos caleg), ini bisa memberi angin segar pendaftaran pencalegan bisa menarik lagi.
 
Makanya, kita (DPC Gerindra) buka kembali pendaftaran. Kan pengisian caleg sampai Mei mendatang," kata ketua Komisi III DPRD Banyumas ini.
 
Dengan sistem proporsional terbuka, mereka yang berminat menjadi wakil rakyat bersemangat lagi, terutama yang memiliki potensi dukungan suara dan kapital. Begitu wacana usulan ke sistem proporsional tertutup, tadinya yang mau mendaftar memilih mengurungkan niatnya, karena merasa belum banyak berkiprah sebagai kader dan pengurus partai.
 
 
Disinggung pengisian kepengurusan DPC periode 2023 hingga ke depan, katanya, untuk posisi KSB (ketua, sekretaris, bendahara), masih tetap, Ketua DPC dipegang Budiyono, sekretaris masih dirinya, dan bendahara dipegang Bobby Listyo Widjatmoko.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Intensitas Hujan Tinggi, Gumelar Waspada Longsor

Senin, 27 Maret 2023 | 21:30 WIB

Stok Darah PMI Banyumas di Bulan Puasa Aman

Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:19 WIB

Diduga Sopir Mengantuk, Tronton Gandum Terguling

Jumat, 24 Maret 2023 | 17:18 WIB

Ada Bazar Ramadan, Pedagang Kuliner Tak Libur

Kamis, 23 Maret 2023 | 19:05 WIB
X