717 Anggota PPS Pemilu 2024 Se-Purbalingga Dilantik, Begini Pesan Bupati

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:01 WIB
PELANTIKAN PPS: Sebanyak 717 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Purbalingga dilantik di GOR Indoor Sasana Krida Perwira, Selasa, 24 Januari 2023. (SMBanyumas/Ryan Rachman)
PELANTIKAN PPS: Sebanyak 717 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Purbalingga dilantik di GOR Indoor Sasana Krida Perwira, Selasa, 24 Januari 2023. (SMBanyumas/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com - Sebanyak 717 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Purbalingga dilantik di GOR Indoor Sasana Krida Perwira, Selasa, 24 Januari 2023.

Pelantikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga disaksikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Forkompinda, Forkopimcam, para Kades/Lurah dan PPK.

Dalam sambutannya, Tiwi berpesan, PPS harus menjaga netralitas dan integritas, memahami tugas dan kewajiban serta bertanya apabila menemukan hal yang tidak dimengerti.

PPS juga harus memahami regulasi penyelenggaraan pemilu 2024 dan bisa memahami Tahapan Pemilu 2024, karena akan jadi sumber informasi bagi masyarakat di desa.

Baca Juga: Pelantikan Anggota PPS Pemilu 2024, Bupati Banyumas: Jangan Lagi Ada Petugas PPS yang Meninggal

"Selanjutnya, PPS harus menjalin sinergi, koordinasi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan di desa/kelurahan," katanya.

Menurutnya, kunci keberhasilan Pemilu adalah kinerja penyelenggara pemilu. Karena itu perlu dipahami karena tugas ini tidak mudah.

"PPS memiliki peran penting dan strategis. Menjadi ujung tombak bersentuhan langsung dengan pemilih dan peserta pemilu," katanya.

Kunci sukses Pemilu juga dilihat dari angka partisipasi masyarakat. Pada Pemilu lalu angkat partisipasi di Purbalingga mencapai 78 persen, kali ini setidaknya bisa 80 persen.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Karang dan Bodas Di Purbalingga Dinormalisasi

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:29 WIB
X