Pemberlakuan PNBP Memberatkan, Ribuan Nelayan Cilacap Gelar Aksi

- Kamis, 19 Januari 2023 | 19:30 WIB
Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menemui massa nelayan yang melakukan aksi di depan gedung dewan, Kamis 19 Januari 2023. (SM / Teguh Hidayat Akbar )
Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menemui massa nelayan yang melakukan aksi di depan gedung dewan, Kamis 19 Januari 2023. (SM / Teguh Hidayat Akbar )

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com- Ribuan nelayan di Cilacap menggelar aksi damai guna menyuarakan penolakan terhadap kebijakan pemberlakukan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang dinilai memberatkan, Kamis 19 Januari 2023.

 

Aksi massa digelar di depan Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) dan depan kantor DPRD Cilacap.

Baca Juga: Dua Tim Putra Berpeluang Juara Putaran Pertama PLN Mobile Proliga 2023

Di dua tempat itu, mereka melakukan orasi menyuarakan sejumlah aspirasi, yang satunya menolak pemberlakukan PNBP sebesar 10 persen pascaproduksi sebagaimana diatur dalam PP No 85 Tahun 2021.

 

Aksi tersebut mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian Polresta Cilacap, hingga Satpol PP Cilacap.

 

Di tengah aksi itu, sejumlah perwakilan dipersilakan untuk mengikuti audiensi bersama dengan DPRD Cilacap yang dipimpin oleh ketua dewan, Taufik Nurhidayat. Tampak mengikuti audiensi, Kepala PPSC, Imas Masriah maupun dinas dan instansi terkait.

Baca Juga: Bakal Comeback Februari, SEVENTEEN BSS Rilis Video Concept Trailer!

Juri bicara aksi, Supriyanto (36) mengatakan, bahwa misi aksi yakni menolak pemberlakukan PNBP sebesar 10 persen pascaproduksi yang diatur dalam PP No 85 Tahun 2021. Mereka menolak karena dirasa sangat memberatkan.

 

Pihaknya juga merasa keberatan dengan adanya denda 1.000 persen apabila melanggar aturan, dan biaya parkir kapal di pelabuhan, atau dikenal tambat labuh.

 

"Tuntutan kita bahkan penolakan, (atau) setidaknya kembali semula," jelasnya.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika Wicaksana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X