BPBD Banyumas Dorong Kolaborasi Penanganan Bencana

- Senin, 5 Desember 2022 | 17:45 WIB
ALAT BERAT DITURUNKAN: Untuk membersihkan lokasi jalan di Grumbul Situ Desa Karangkemojing, Kecamatan Gumelar yang longsor, BPBD Banyumas menurunkan alat berat kemarin.
ALAT BERAT DITURUNKAN: Untuk membersihkan lokasi jalan di Grumbul Situ Desa Karangkemojing, Kecamatan Gumelar yang longsor, BPBD Banyumas menurunkan alat berat kemarin.

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas terus mendorong semua pihak agar dapat berkolaborasi dan berpartisipasi dalam penanganan bencana alam yang ada di Banyumas agar lebih optimal.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Budi Nugroho dengan tingginya potensi bencana alam di wilayah Banyumas tahun 2022 ini.

"Jadi kalau penanganan dilaksanakan secara kolaboratif. Untuk penanganan fisik infrastruktur yang rusak misalnya maka akan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum, rumah roboh atau lainnya bisa dengan Dinas Perumahan dan Permukiman. Sementara penanganan kemanusiaan hingga logistik pasca bencana ada Dinas Sosial, PMI dan lainnya," katanya.

Baca Juga: Kunjungi Pengungsi Gempa Cianjur, Jokowi: Relokasi Hari Ini Dimulai Pembangunannya

Selain itu, keberadaan Pemerintah Desa juga punya andil dalam mitigasi bencana alam ini.

Apalagi saat ini sebagaimana amanat dari pemerintah pusat, desa juga diamanati untuk menganggarkan dana desa untuk mitigasi atau penanganan bencana alam dan non alam.

"Jadi desapun punya andil untuk membantu masyarakat atau pemulihan infrastruktur atau lainnya yang terdampak bencana alam dan non alam.

Tentunya dengan potensi bencana yang ada, tiap desa besarannya berbeda-beda," kata Mantan Camat Baturraden ini.

Baca Juga: Besok 6 Desember 2022, Amanda Manopo Ulang Tahun

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X