Ganjar Kunjungi Lokasi Longsor Gumelar, Akan Dibangun Jembatan Sementara Penghubung Alternatif Banyumas-Brebes

- Kamis, 24 November 2022 | 08:33 WIB
TINJAU JALAN PUTUS: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein dan rombongan saat meninjau lokasi bencana jalan putus penghubung Banyumas Brebes di Samudra Kulon, Rabu 23 November 2022.(SM Banyumas/dok)
TINJAU JALAN PUTUS: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein dan rombongan saat meninjau lokasi bencana jalan putus penghubung Banyumas Brebes di Samudra Kulon, Rabu 23 November 2022.(SM Banyumas/dok)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com – Pemerintah berencana akan menangani secara darurat membangunkan jembatan darurat untuk lokasi jalan alternatif penghubung Banyumas Brebes di Dusun Combong, Desa Samudra Kulon Kecamatan Gumelar.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat turun ke lokasi jalan putus di Gumelar pada Rabu 23 November 2022 pagi.

Seperti diketahui, jalan alternatif penghubung Gumelar, Banyumas-Paguyangan, Brebes di Desa Samudra itu putus akibat longsor usai diguyur hujan deras pada Jumat 18 November 2022 sore. Panjang jalan yang putus itu sekitar 25 meter, sedangkan di sampingnya adalah tebing sungai lebih dari 50 meter.

 Baca Juga: KPU Purbalingga Usulkan Tiga Opsi Dapil Pemilu 2024. Ini Rinciannya

Didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein, Ganjar berdialog dengan warga Dusun Combong yang terisolasi.

Sedikitnya ada 23 rumah yang berada di seberang jalan putus tersebut. Untuk penanganan darurat untuk aktivitas warga, akan dibangun jembatan sementara untuk evakuasi warga.

 “Tapi alhamdulillah warganya aman, warganya sehat, tinggal nanti kalau kebutuhan sehari-hari tadi saya usul pedagang sayurnya yang datang ke sini, kan ini ada jalan daruratnya, bisa dipikul. Intinya dari mereka semuanya akan terlayani dengan baik,” ujarnya

Baca Juga: Persiapan Piala AFF 2022, 28 Pemain Dipanggil oleh STY

Dijelaskan Ganjar, untuk mengatasi permasalahan kontur dan posisi jalan berada di lereng bukit dan kemiringan yang cukup tinggi menjadi penyebab longsor, Bupati Banyumas sebenarnya sudah mempersiapkan salah satu alternatif yaitu membuat jalan memutar.

“Mungkin diputar karena ini ada punggungan bukit di sebelahnya, tanahnya Kodam. Jadi nanti kita bisa komunikasi dengan Pangdam atau kemudian tetap di sini,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ormas Agama Mulai Galang Dana Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 18:15 WIB

Jambret HP yang Sudah Beraksi Belasan Kali Ditangkap

Selasa, 22 November 2022 | 11:15 WIB

Dampak Longsor dan Banjir Luapan Gumelar Masih Ditangani

Selasa, 22 November 2022 | 09:37 WIB
X