Pj Bupati Cilacap Minta Klaster Penanganan Bencana Dimantapkan

- Rabu, 23 November 2022 | 17:52 WIB
Rapat Koordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap. (SM / Cilacapkab.go.id)
Rapat Koordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap. (SM / Cilacapkab.go.id)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar meminta jajarannya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi berbagai potensi bencana yang ada.

Ia juga meminta sering dilakukan simulasi bencana alam, untuk mengedukasi dan membuat masyarakat lebih siap menghadapi potensi bencana yang ada.

Baca Juga: FFI 2022, 'Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas' dan 'Nana; Borong Lima Piala Citra

Pj Bupati mengatakan, sebagai wilayah yang kerap diistilahkan menjadi 'supermaket' bencana, Kabupaten Cilacap harus mempersiapkan diri menghadapi bencana. "Saya minta segera dimantapkan kesiapsiagaan klaster penanganan bencana, agar penanganan bencana tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan tepat," tuturnya pada Rapat Koordinasi Perangkat Daerah di Ruang Rapat Jalabumi Setda Cilacap, Selasa 22 November 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, berkaitan dengan beberapa daerah di Kabupaten Cilacap yang rawan bencana, juga tengah disiapkan skenario bersama untuk penanganan bencana.

Selain mengenai persiapan dalam menangani bencana, ia juga menekankan mengenai peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. Hal itu, khususnya mengenai kesehatan ibu dan anak, terutama penanganan kasus stunting.

Baca Juga: Manfaat Apu-Apu Tak Main-Main, Segera Tanam di Kolam

Hal senada dikatakan Sekda Cilacap Awaluddin Muuri, menurutnya beberapa wilayah yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor pada musim hujan seperti saat ini, harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan.

"Kita fokuskan pada hal yang urgent dan harus segera ditangani, tingkatkan koordinasi dan rapatkan barisan demi terwujudnya harapan bersama," terangnya.***

Editor: Gayhul Dhika Wicaksana

Sumber: cilacapkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X