MDMC Cilacap Kirim Relawan Bantu Penanganan Gempa Cianjur

- Rabu, 23 November 2022 | 08:17 WIB
Relawan MDMC Cilacap diberangkatkan menuji lokasi bencana gempa di Cianjur (SM / MDMC Cilacap)
Relawan MDMC Cilacap diberangkatkan menuji lokasi bencana gempa di Cianjur (SM / MDMC Cilacap)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com- Kejadian gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang memicu kerusakan hingga korban jiwa, mengundang perhatian Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Cilacap. Lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah di Cilacap itu tergerak untuk memberangkatkan relawan guna membantu penanganan pascabencana di sana.

Ketua PDM Cilacap, H Kuswan Hassan SE mengatakan, relawan yang diberangkatkan pada tahap pertama sebanyak 5 orang, masing-masing Mukhlis, Novensius Dwi Kuncoro Oping, Anifudin, Achmad Dwi Antono, dan Zaenuri Ahmad.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Resmi Tinggalkan Red Devil

Mereka diberangkatkan dari Gedung Pimpinan Daerah Muhahmadiyah (PDM) Cilacap pada Selasa 22 November 2022 malam.

Sementara itu, pada sore sebelum pemberangkatan, MDMC Cilacap melalui Lazismu Cilacap menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 20 juta dari Integrated Terminal Cilacap PT Pertamina Patra Niaga. Bantuan tersebut ditujukan untuk kemanusiaan bencana Cianjur.

Kuswan Hassan memberi amanat kepada para relawan agar bekerja maksimal dalam membantu para korban, sebagaimana instruksi dari pos koordinasi MDMC.

Baca Juga: Kisah Islami: Umar Bin Khatab, Sang Amirul Mukminin yang Bajunya Penuh dengan Tambalan

"Bekerjalah lilahi ta’ala dan selalu menjaga kesehatan," pintanya, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima suaramerdeka-banyumas.com.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa para relawan MDMC Cilacap itu diberangkatkan bersama 17 personel dari MDMC Jawa Tengah. Masing-masing terdiri atas 5 tenaga kesehatan (nakes) dan tim SAR berbagai fungsi.

Menurutnya, relawan tahap pertama itu akan membantu penanganan pascagempa di Cianjur selama 14 hari ke depan, yakni mulai 23 November hingga 7 Desember 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika Wicaksana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X