Bantu Operasi SAR Gempa Bumi di Cianjur, Basarnas Cilacap Berangkatkan Rescuer dan Peralatan

- Senin, 21 November 2022 | 19:36 WIB
Basarnas Cilacap kirim tim rescuer dan peralatan bantu penanganan gempa bumi di Cianjur. (SM/ Basarnas Cilacap)
Basarnas Cilacap kirim tim rescuer dan peralatan bantu penanganan gempa bumi di Cianjur. (SM/ Basarnas Cilacap)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Kantor SAR Cilacap langsung bergerak memberangkatkan personel rescuer dan peralatan guna membantu korban gempa bumi dengan kekuatan 5.6 SR di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022.

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, bahwa rescuer yang diberangkatkan ke lokasi bencana gempa bumi di Cianjur oleh pihaknya sebanyak 15 orang.

Baca Juga: Usai Gempa Bumi Cianjur 5,6 SR, Terjadi Gempa Susulan 25 Kali, dari Magnitudo 1.,8 hingga 4

Para personel itu berangkat dari Cilacap pada Senin sore pukul 17.00 Wib.

"Kami perkirakan tim akan tiba di Cianjur pada Selasa dini sekitar pukul 01.00 Wib, mengingat perjalanan dari Cilacap menuju Cianjur ditempuh sekitar 8 jam perjalanan melalui jalur darat," kata Adah Sudarsa.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya juga mengirim dukungan peralatan SAR, mulai dari 1 unit Rescue Truck Compartment, 1 unit Truck Personil, 1 Unit Rescue Car Type II, hingga 1 unit Trail Klx.

Baca Juga: Bangkitkan Kegiatan Keagamaan Pascapandemi, UIN Saizu Adakan Pendampingan di Musala Daarul Uluum

"Kami juga mengirimkan 1 set peralatan evakuasi, 1 set peralatan ekstrikasi, 1 set peralatan CSSR, dan APD personil lengkap”, tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pengerahan personel rescuer juga datang dari berbagai daerah. Selain dari kantor SAR Cilacap dan Bandung, bantuan personel dan peralatan juga dikerahkan dari Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, dan Basarnas Spesial Grup (BSG), serta potensi SAR Jawa Barat dan sekitarnya. Hal itu guna membantu proses evakuasi gempa bumi di Cianjur.***

Editor: Gayhul Dhika Wicaksana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB
X