Hati-Hati, ini Modus Ganjal ATM yang Berhasil Diungkap Sat Reskrim Polresta Cilacap

- Jumat, 18 November 2022 | 14:53 WIB
Tersangka aksi pembobolan ATM dengan modus ganjal kartu, ditangkap Sat Reskrim Polresta Cilacap. (SM / Gayhul Dhika Wicaksana)
Tersangka aksi pembobolan ATM dengan modus ganjal kartu, ditangkap Sat Reskrim Polresta Cilacap. (SM / Gayhul Dhika Wicaksana)


CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Sat Reskrim Polresta Cilacap berhasil menangkap empat orang pelaku pembobolan ATM dengan modus ganjal kartu di Kecamatan Maos, Cilacap.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Cilacap AKP Gurbacov, modus yang dipakai pelaku yaitu memasang alat untuk mengganjal kartu di lubang mesin ATM. Alat itu berupa potongan mika dari botol yang diberi lem, dan dimasukkan ke lubang ATM. Alat itu membuat kartu ATM korban tidak dapat masuk ke menu, namun juga tidak dapat keluar.

Baca Juga: Hari Terakhir Pimpin Cilacap, Tatto S Pamuji Hadiri Peresmian Gedung Kejaksaan Negeri Cilacap

Anggota komplotan ini punya peran masing-masing, ada yang memasang alat pengganjal di mesin ATM, ada yang berpura-pura membantu korban, ada pula yang kemudian mencongkel kartu ATM yang terganjal itu, serta ada yang mengawasi situasi.

Bila ada korban yang mengalami situasi itu, para komplotan ini kemudian beraksi. Salah satu tersangka masuk ke ruang ATM berpura-pura membantu korban namun hal itu ternyata hanya untuk menghafal pin ATM korban.

Setelah pelaku mendapatkan pin korban, pelaku di dalam ruang ATM menyarankan korban untuk memblokir kartu ke kantor bank terdekat. Saat itulah ATM korban yang terganjal kemudian diambil pelaku lain, untuk kemudian dikuras saldonya di lokasi ATM lain.

Baca Juga: Keder dan Faktor Kelelahan, Timnas U-20 Ditekuk Perancis 0-6

"Setelah diinterogasi, pelaku sudah melancarkan aksinya di lima TKP di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Pemalang, Wonosobo, Banjarnegara, dan Jawa Barat," ungkapnya.

Adapun tersangka yang berhasil ditangkap yaitu AK (24) warga Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, IW (33) warga Ogan Komering Ulu, S (30) warga Ogan Komering Ulu, dan RFC (24) warga Kota Palembang Sumatera Selatan.

Baca Juga: Viral Perempuan Terobos Iringan Paspampres di Badung, Setkab: Ingin Salaman dan Minta Kaos Presiden Jokowi

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X