Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Banyumas Perlu Gandeng Seniman

- Kamis, 17 November 2022 | 21:37 WIB
Ketua DKKB Sadewo Tri Lastiono dan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas, Yon Daryono memberikan materi pada Sosialisasi Pengawasan Pantisipatif Pemilu 2024, di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kamis, 17 November 2022.  (SMBanyumas/Fahma Ardiana)
Ketua DKKB Sadewo Tri Lastiono dan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas, Yon Daryono memberikan materi pada Sosialisasi Pengawasan Pantisipatif Pemilu 2024, di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kamis, 17 November 2022. (SMBanyumas/Fahma Ardiana)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menggandeng para seniman untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB), Sadewo Tri Lastiono mengatakan, apabila Bawaslu berkolaborasi dengan seniman untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan pemilu, tentu akan sangat menarik perhatian dari banyak masyarakat.

"DKKB sangat membuka pintu kerjasama seluas-luasnya dengan Bawaslu untuk rangkaian pemilu 2024 mendatang," katanya pada Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Banyumas, di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kamis, 17 November 2022.

Baca Juga: Rekrut Panwascam, Bawaslu Cilacap Siapkan Kuota Perempuan 30 Persen

Sadewo, yang juga Wakil Bupati Banyumas ini mengatakan, partisipasi seniman dalam pengawasan tidak hanya ditujukan terselenggaranya pemilu yang jujur yang adil.

"Sehingga nanti terpilih, wakil-wakil rakyat, kepala daerah yang betul-betul bisa membangun Banyumas. Bukan membangun narasi," ujarya.

Dia menyarankan, program sosialisasi Pemilu 2024 dapat menggunakan seni sebagai media seperti pementasan wayang, lengger dan kuda lumping atau ebeg.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas, Yon Daryono mengatakan, pertunjukan seni untuk sosialisasi pemilu, terutama ebeg, sangat efektif.

Baca Juga: Bawaslu Banyumas Mulai Buka Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X