Sempat Kabur ke Sungai dan Rawa, Pelaku Pecah Kaca di Cilacap Tetap Gagal Bersembunyi

- Kamis, 17 November 2022 | 10:55 WIB
Para tersangka kasus pecah kaca di Cilacap digiring petugas Polresta Cilacap. (SM / Gayhul Dhika)
Para tersangka kasus pecah kaca di Cilacap digiring petugas Polresta Cilacap. (SM / Gayhul Dhika)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Jajaran Sat Reskrim Polresta Cilacap berhasil mengungkap kasus pencurian yang menggunakan modus pecah kaca mobil di Kecamatan Maos dan Kecamatan Kroya. Enam tersangka berhasil ditangkap, saat akan ditangkap ada lima tersangka yang nekat menceburkan diri ke sungai dan rawa, tapi mereka tetap gagal bersembunyi.

Kasat Reskrim Polresta Cilacap AKP Gurbacov mengatakan, kejadian pencurian dengan modus pecah kaca ini, terjadi pada September dan Oktober lalu. Menurutnya kejadian, dengan modus serupa ini terjadi di dua lokasi yaitu Kecamatan Maos, dan Kecamatan Kroya.

Baca Juga: Warga Berharap Jalan Rusak di Ajibarang Segera Diperbaiki

Adapun kejadian di Kecamatan Maos, Sat Reskrim Polresta Cilacap berhasil membekuk lima pelaku. Mereka adalah A (35) warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang merupakan residivis, R (29) warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rs (42) warga Kabupaten Bogor yang juga residivis, Sm (27) warga Kabupaten Bogor, dan GG (29) warga Kabupaten Bogor.

Mereka ditangkap di salah satu penginapan di Kecamatan Kesugihan, enam jam setelah beraksi di Kecamatan Maos dan menyebabkan korban kehilangan Ipad Mini, uang Rp 200 ribu, serta membawa barang di tas korban. "Saat akan melakukan penangkapan terhadap lima pelaku ini, pelaku melarikan diri ke sungai dan ada yang bersembunyi di rawa-rawa," tutur Gurbacov.

Sementara itu, pada kejadian pencurian dengan modus pecah kaca di Kecamatan Kroya, pihkanya berhasil menangkap satu orang tersangka yaitu HM (39), namun satu orang tersangka lainnya belum tertangkap, dan ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Baca Juga: Ini Puisi Reflektif tentang Anak dari Kahlil Gibran Terjemahan Sapardi Djoko Damono

Tersangka HM melakukan aksi dengan memecahkan kaca mobil menggunakan pecahan busi, dan dari aksinya itu tersangka berhasil menggasak tas berisi uang sebanyak Rp 130 juta. Uang hasil kejahatannya itu, kemudian dipakai membeli satu unit mobil sedan jenis Toyota Altis oleh tersangka.

Dari hasil pendalaman yang dilakukan Sat Reskrim Polresta Cilacap, para tersangka ini juga sebelumnya pernah beraksi di beberapa kota lain di Jawa Tengah, maupun Jawa Barat.

Tersangka A mengaku, mencari sasaran secara acak dengan target mobil yang terparkir dengan situasi sekitar sepi. Menurutnya, sebelum beraksi mereka akan melihat isi dalam mobil melalui kaca depan. Apabila di dalam mobil diperkirakan terdapat barang yang ditinggalkan pemiliknya, maka mereka akan memecahkan kaca.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X