Cilacap itu Nama Baru, Sejarah Asal Mula Cilacap itu dari Handaunan atau Donan

- Sabtu, 12 November 2022 | 18:25 WIB
SEJARAH Cilacap tak lepas dari nama Handaunan atau Donan sebuah kelurahan di Cilacap Tengah, Cilacap sekarang (SM Banyumas/Dok)
SEJARAH Cilacap tak lepas dari nama Handaunan atau Donan sebuah kelurahan di Cilacap Tengah, Cilacap sekarang (SM Banyumas/Dok)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com- Asal mula Kabupaten Cilacap yang saat ini dipimpin oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji itu berasal dari daerah Handaunan atau kemudian dikenal menjadi Donan yang saat ini merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Cilacap Tengah.

Donan awalnya merupakan wilayah hutan yang dipenuhi binatang buas dan juga terkenal angker wingit.

Sebagaimana dikutip Suara Merdeka Banyumas dari studi Linda Sari Wulandari dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia yang juga mengutip sejumlah sumber dari Dinas Pariwisaa dan Kebudayaan Cilacap disebutkan nama “Cilacap” belum dikenal pada masa Kerajaan
Tarumanegara, Galuh, dan Mataram.

Baca Juga: Ini Pesan Tatto Suwarto Pamuji Kepada Para Anggota Pramuka Penggalang di Cilacap

Handaunan (Donan) justri dikenal di masa Mataram sebagaimana didasarkan pada Prasasti Salingsingan bertulisan 2 Mei 880 Masehi. Zaman kerajaan Mataram Hindu (Mataram I) telah menyebut nama Raja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala yang bertahta sekitar tahun 856—882 Masehi, dan nama Handaunan.

Hal ini menandakan bahwa cikal bakal Cilacap telah memiliki usia lebih dari 1.100 an tahun.

Dalam naskah prosa puitik Bujangga Manik, tahun 1500 Donan Kalicung atau Kalipucang dan tahun 1726 Donan juga disebut dalam peta François Valentijn tahun 1726.

Nama “Chelachap” dan DonanCilacap” masuk dalam peta Jawa yang menjadi lampiran dari buku History of Java Raffles yang terbit pada tahun 1817.

Baca Juga: Ini Tiga Manfaat Berjalan Kaki Sebagaimana yang Dilakukan Bupati Tatto Suwarto Pamuji

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X