Sentra Satria Baturraden Ajak Warisi Keteladanan Pahlawan dan Menjadi Bangsa Pemenang

- Jumat, 11 November 2022 | 22:13 WIB
HENING CIPTA: Peserta mengheningkan cipta saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Sentra Satria Baturraden, Kamis, 10 November 2022.   (SMBanyumas/istimewa)
HENING CIPTA: Peserta mengheningkan cipta saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Sentra Satria Baturraden, Kamis, 10 November 2022. (SMBanyumas/istimewa)

BATURRADEN, suaramerdeka-banyumas.com - Sentra Satria di Baturraden, salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial, mengajak masyarakat untuk mewarisi keteladanan pahlawan serta menjadi bangsa pemenang.

Kepala Sentra "Satria" di Baturraden, Darmanto, yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2022 juga mengajak peserta untuk mengheningkan cipta sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa.

Tak sekedar seremonial, pelaksanaan upacara menjadi upaya memantik kesadaran untuk menemukan kembali semangat dan nilai yang menjadi roh perjuangan para pahlawan.

"Bangsa Indonesia mewarisi dan mengikuti nilai dan semangat kejuangan para pahlawan dalam menaklukan ancaman dan tantangan nyata yang saat ini dihadapi. Di antaranya adalah pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, pandemi Covid 19, kelangkaan pangan, energi dan air bersih," kata Darmanto saat menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Baca Juga: Begini Makna Hari Pahlawan bagi Koreografer Otniel Tasman

Dia mengatakan, Mensos berharap bangsa Indonesia dapat bergerak bersama untuk meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

Selain itu, perlu juga melakukan pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal serta mengelola sumber daya air secara bijak.

Mensos juga menangkap meningkatnya geliat masyarakat dalam menangani kemiskinan dengan ragam pengetahuan, pelatihan, ketrampilan hingga budidaya dan pengelolaan hasil bumi.

Baca Juga: Pecinta Alam Banjarnegara Bersihkan 6 Monumen di Hari Pahlawan

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Omset UMKM Kerajinan Lidi Binaan PLN Naik 200 Prosen

Minggu, 22 Januari 2023 | 07:10 WIB
X