Soal Gempa Bumi di Cilacap, Bupati Tatto Suwarto Pamuji Minta Warga Tetap Tenang

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:52 WIB
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Pixabay
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Pixabay

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta warga Kabupaten Cilacap untuk tetap tenang, sehubungan dengan gempa yang terjadi Sabtu 29 Oktober 2022, sekitar pukul 08.02. 

Menurut bupati, usai gempa dengan kekuatan M 4.7 terjadi, situasi dan kondisi Kota Cilacap aman dan terkendali. Dalam pernyataan tertulis, bupati menjelaskan bahwa gempa dirasakan seperti getaran ketika ada truk yang melintas. Adapun sampai sejauh ini belum dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa.

Baca Juga: Gempa M 4.7 Guncang Laut Tenggara Cilacap, Tidak Berpotensi Tsunami

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia terhadap lempeng Eurasia," jelas bupati.

Lebih lanjut, bupati meminta masyarakat Cilacap untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, bupati juga mengimbau masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa

Masyarakat juga diminta memastikan bangunan masing-masing apakah cukup tahan terhadap gempa, dan tidak ada kerusakan yang bisa mengganggu kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah. Selain itu pastikan informasi yang diperoleh juga berasal dari sumber resmi BMKG.

Baca Juga: Asyiiikkk! Dua Gajah Sumatera Jadi Koleksi Satwa Baru Serulingmas Zoo

Bupati juga telah memerintahkan Sekda selaku Kepala BPBD Cilacap untuk mengambil langkah yang strategis sesuai SOP mengenai manajemen kebencanaan. Adapun kepada Kalaksa BPBD Cilacap, bupati memerintahkan agar berkonsolidasi dengan segenap komponen kebencanaan, serta menyiagakan peralatan penanganan bencana untuk pengurangan risiko bencana, serta melaporkan pada kesempatan pertama atas perkembangan yang tidak diinginkan. 

Sementara itu, salah seorang warga Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap Edi S mengatakan gempa yang terjadi pasa Sabtu pagi, getarannya tidak terlalu besar. "Saat itu saya sedang mengepel rumah, tapi memang terasa agak goyang," imbuhnya.***

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X