Banjir di Patimuan Cilacap Surut

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 22:25 WIB

 

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap memastikan bahwa banjir yang sempat merendam ruas jalan nasional penghubung Sidareja, Jawa Tengah menuju ke Pangandaran, Jawa Barat, masuk kompleks Jembatan Pelimpah Desa Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, kini sudah surut.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo mengatakan, bahwa banjir di wilayah itu sudah surut sejak Kamis 27 Oktober 2022 dini hari, kisaran pukul 03.00 Wib. Karena itu, lalu lintas kendaraan kembali normal karena secara otomatis sudah bisa dilewati roda dua maupun empat.

Baca Juga: Perhatian, Polda Jateng Terapkan Tilang Sistem Poin, Begini Perhitungannya

"Telah surut total sejak pukul 03.00 wib dinihari dan bisa dilewati motor dan mobil," katanya.

Sebelumnya, jalan nasional penghubung Sidareja, Jawa Tengah menuju ke Pangandaran, Jawa Barat di kompleks Jembatan Pelimpah Desa Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap terendam banjir pada Rabu 26 Oktober 2022. Ruas jalan yang terendam banjir dengan panjang sekitar 100 meter dan sempat melumpuhkan lalu lintas kendaraan.

Kepala Pelaksana BPBD Cilacap, Wijonardi mengatakan, banjir bermula dari hujan dengan intensitas tinggi dan lama di wilayah Patimuan dan sekitarnya sejak Selasa hingga Rabu dini hari. Hujan terpantau turun mulai pukul 18.00 - 03.00 WIB.

Baca Juga: Sembilan Wakil Indonesia Siap Berjuang di Babak 16 Besar French Open 2022

Hal ini berakibat anakan Sungai Citanduy meluap ke badan jalan sepanjang kurang lebih 100 meter, tepatnya di Jembatan Pelimpah dengan tinggi muka air sekitar 80-100 sentimeter. Karena itu, ruas jalan di lokasi itu sempat tidak bisa dilalui kendaraan.

Di wilayah lain, bencana alam juga melanda sejumlah desa di Kecamatan Wanareja. Wijonardi mengatakan, bencana banjir sempat terjadi di Desa Wanareja, Bantar, Adimulya, dan Desa Sidamulya. Menurutnya, banjir sempat menggenangi area permukiman warga, namun dalam perkembangannya telah berangsur surut.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X