Di Desa Penggalang, Cilacap, Sampah Non Organik Diubah Jadi Emas, Kok Bisa?

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB
Peluncuran T- Gold di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap (Istimewa)
Peluncuran T- Gold di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap (Istimewa)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Sampah non organik di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap bisa diubah jadi emas, lantas bagaimana caranya?

 

Upaya mengubah sampah Non organik menjadi emas merupakan program trash for gold (T-Gold) Bank Sampah Berkah Makmur Desa Penggalang. Bank sampah yang baru diluncurkan oleh PT Indonesia Power PLTU Adipala OMU Jumat 30 September 2022 ini memiliki program menukar sampah Non organik yang telah dipilah, menjadi tabungan emas.

Baca Juga: Mulia Jaya Purwokerto Optimalkan Pelayanan

Lebih lanjut General Manager PT Indonesia Power PLTU Adipala OMU Slamet Suwardi, menjelaskan melalui program T-Gold masyarakat yang bergabung sebagai nasabah Bank Sampah Berkah Makmur binaan PT Indonesia Power PLTU Adipala OMU, dapat menukar sampah non organik yang telah dipilah menjadi tabungan emas.

 

Alur dari program ini dimulai dari nasabah membawa sampah non organik yang sudah dipilah berdasarkan jenis-jenis sampahnya, kemudian diserahkan kepada anggota Bank Sampah Berkah Makmur untuk ditimbang.

 

Selanjutnya anggota bank sampah mencatat perolehan berat sampah dan dinominalkan dalam bentuk rupiah. Kemudian anggota bank sampah menyerahkan catatan nominal penjualan sampah dari nasabah, kepada petugas Pegadaian.

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB
X