Siswa RA / BA di Purbalingga Ikuti Manasik Haji Massal

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:31 WIB
Siswa RA/BA se Kecamatan Kalimanah dan Kecamatan Padamara Purbalingga melaksanakan manasik haji.  (Arief Noegroho)
Siswa RA/BA se Kecamatan Kalimanah dan Kecamatan Padamara Purbalingga melaksanakan manasik haji. (Arief Noegroho)

PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com - Sebanyak 667 siswa RA/BA se Kecamatan Kalimanah dan Padamara mengikuti latihan manasik haji di Sanggaluri, Sabtu 1 Oktober 2022. Manasik juga diikuti 47 guru pendamping dan wali murid sehingga total ada 1.381 peserta.

 

Ketua IGRA Kecamatan Kalimanah dan Padamara Arin Ekowati SPd.I mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk mengenalkan Rukun Islam ke 5 dan menanamkan pendidikan akidah dan ibadah sejak dini, dan melatih disiplin dan kemandirian anak.

Baca Juga: IGRA Purbalingga Juara Umum Apguraindo Tingkat Jawa Tengah

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh IGRA Kecamatan Kalimanah dan Padamara sebagai bentuk pelaksanaan program kerja 2 tahun sekali. Kita mengajak anak untuk mencerna sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Anak dilatih lantunan talbiyah sebagai bentuk keagungan dan pujian kepada Allah SWT," katanya.

 

Dia menambahkan, peragaan ibadah haji dengan praktek langsung akan memudahkan anak memahami rukun Islam yaitu haji. Karena anak-anak usia 4-6 tahun memiliki daya ingat yang kuat. Dengan kegiatan ini diharapkan akan bisa merangsang mereka sudah dewasa untuk niat ibadah haji.

Baca Juga: Peringati Hari Kesaktian Pancasila Ini yang Dilakukan Polres Purbalingga

"Diharapkan nanti di kemudian hari saat mereka sudah dewasa dapat melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya," katanya di sela-sela kegiatan yang dibuka oleh Pengawas Madrasah Pendidikan Agama Islam Kecamatan Kalimanah Hasyim.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X