Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Banyumas Dorong Gerakan Tanam Cabai

- Jumat, 30 September 2022 | 10:51 WIB
MENIMBANG CABAI : Pegawai Dinperindag Banyumas menimbang cabai rawit merah yang akan dijual pada operasi pasar di aula kantor, Senin 8 Agustus 2022. (SMBanyumas/Puji Purwanto)
MENIMBANG CABAI : Pegawai Dinperindag Banyumas menimbang cabai rawit merah yang akan dijual pada operasi pasar di aula kantor, Senin 8 Agustus 2022. (SMBanyumas/Puji Purwanto)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas mendorong gerakan tanam cabai di wilayahnya sebagai upaya pengendalian inflasi dengan menjaga stabilitas harga dan ketersediaan cabai.

Gerakan ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo terkait antisipasi krisis pangan global dan kemandirian pangan.

Dalam Surat Edaran Bupati Banyumas Nomor 520/5059/2022 tentang Gerakan Tanam Cabai, Bupati Banyumas menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketehanan Pangan Kabupaten Banyumas agar menggerakkan kegiatan gerakan tanam cabai.

Gerakan ini sebagai upaya meningkatkan produksi cabai, menjaga ketersediaan di tingkat rumah tangga dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menurunkan angka inflasi di Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: Stabilkan Harga dan Pasokan, Operasi Pasar Cabai Digelar

Dalam SE Bupati juga menyebutkan, para kepala perangkat daerah untuk menginstruksikan para pegawa ASN dan non-ASN di lingkungan Pemkab Banyumas, camat, lurah/kepala desa diminta untuk menyempaikan dan mengarahkan kepada warganya melaksanakan gerakan tanam cabai.

Gerakan tanam cabai ini dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga menggunakan media tanam polibag, pot, ember bekas dan lain-lain. Minimal warga menanam sepuluh tanaman cabai.

Baca Juga: Haedar Nasir Resmikan Rumah Produksi Mocaf di Banjarnegara  

Dinas Pertanian dan Ketehanan Pangan Kabupaten Banyumas juga diminta menggerakkan para penyuluh pertanian lapangan untuk aktif melakukan pendampingan dan pengawalan pelaksanaan gerakan tanam cabai di masing-masing desa/kelurahan, sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X