Tim Gabungan Tangani Dampak Banjir Akibat Luapan Embung BPTU HPT Manggala

- Sabtu, 24 September 2022 | 08:35 WIB
PENDALAMAN: Embung penampungan limbah dan air hujan di Kawasan BPTU HP Unit Manggala Karangtengah Cilongok sedang dikeruk untuk diperdalam namun meluap di saat hujan deras tiga hari lalu. (SM Banyumas/dok Haryanto Santoso)
PENDALAMAN: Embung penampungan limbah dan air hujan di Kawasan BPTU HP Unit Manggala Karangtengah Cilongok sedang dikeruk untuk diperdalam namun meluap di saat hujan deras tiga hari lalu. (SM Banyumas/dok Haryanto Santoso)

 

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com- Tim reaksi cepat gabungan Kecamatan Cilongok, melaksanakan penanganan pasca banjir akibat luapan embung BPTU HPT Unit Manggala Karangtengah, Cilongok pada Kamis 22 September 2022.

Dalam laporannya tim yang terdiri dari personel  Pemerintah Desa Karang Tengah, Polsek Cilongok, Koramil Cilongok, BPBD Banyumas, TRC Gabungan Kecamatan Cilongok bersama warga langsung melakukan penanganan darurat pada Kamis sore hingga malam di Desa Karang Tengah, Grumbul Menggala.

Penanganan yang dilaksanakan antara lain pembersihan material longsor, penenangan warga terdampak hingga mendata sejumlah kerugian akibat banjir akibat luapan air dari embung dan kawasan hulu grumbul setempat. 

Baca Juga: Masih Sedikit, Pekeja Sektor Pertanian yang Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Adapun dari data yang dikumpulkan, ada empat bangunan rumah terdampak dan ada 700 orang terdampak akibat banjir tersebut. 

Adapun banjir akibat luapan embung tersebut berdampak pada wilayah RT 05,07,08 RW 05 grumbul Manggala Kulon.

Beruntung usai hujan reda pada Kamis petang, banjir akibat luapan air tersebut telah surut.

Baca Juga: Tahukah Kamu: Sidekah Ketupat, Tradisi Bakti Warga Dayeuhluhur Sejak Perjalanan Ziarah Raja-Raja Pasundan

Kepala Desa Karangtengah, Karyoto mengatakan berbeda dengan banjir sebelumnya, pada banjir Kamis 24 September 2022, tak hanya melintas jalanan wisata Curug Cipendok tetapi juga turut berdampak pada wilayah pemukiman. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan Lopasir Penghubung Adisara-Karanglewas Longsor

Minggu, 27 November 2022 | 05:59 WIB

Ormas Agama Mulai Galang Dana Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 18:15 WIB

Jambret HP yang Sudah Beraksi Belasan Kali Ditangkap

Selasa, 22 November 2022 | 11:15 WIB

Dampak Longsor dan Banjir Luapan Gumelar Masih Ditangani

Selasa, 22 November 2022 | 09:37 WIB
X