Dari 726 Karya Budaya Jateng, Baru 103 yang Tercatat dan Ditetapkan Warisan Budaya Tak Benda

- Sabtu, 24 September 2022 | 07:32 WIB
SESEPUH Dayeuhluhur saat memberikan doa kepada anak muda di dalam tradisi Sidekah Kupat di Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap pada Rabu 21 September 2022.(SM Banyumas/Dok Dinkominfo Jateng)
SESEPUH Dayeuhluhur saat memberikan doa kepada anak muda di dalam tradisi Sidekah Kupat di Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap pada Rabu 21 September 2022.(SM Banyumas/Dok Dinkominfo Jateng)
CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com- Dari sekitar 726 karya budaya asal Provinsi Jawa Tengah (Jateng), kini baru 103 yang tercatat dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).
 
Hal itu disampaikan Kabid Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Jateng Eris Yunianto usai mengapresiasi kegiatan tradisi Sidekah Kupat di Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap Rabu 21 September 2022 lalu. 
 
Terkait upaya pencatatan dan penetapan WBTB inilah, pihaknya melakukan upaya pendokumentasian dan membumikan ritual kuna ini, agar dapat diakui sebagai Intangible Heritage.
 
 
"Maka, dilakukan upaya pendokumentasian dan membumikan ritual kuna ini, agar dapat diakui sebagai Intangible Heritage," jelasnya sebagaimana dikutip dari laman Pemprov Jateng.
 
Eris Yunianto juga mengungkapkan Sidekah Kupat bisa diwujudkan dengan dukungan adat ini untuk dapat diusulkan sebagai WBTB
 
Ditambahkan, Sidekah Kupat tidak saja soal pelestarian budaya. Jika serius dihgarap, ritual ini bisa menambah pundi-pundi ekonomi warga, lewat atraksi wisata.
 
 
Pada 2022, Pemprov Jateng bekerja sama dengan Pemkab Cilacap, turut memeriahkan Sidekah Kupat dengan menggelar Festival Budaya.
 
Selain karena pandemi Covid-19 telah mereda, juga diharapkan menggeliatkan perekonomian warga setempat.
 
“Gotong royong bersama dari semua pemangku kebijakan, termasuk perekonomian perlu bicara. Dari pemprov  memberikan triger, berharap bisa menjadi spirit. Berharap seperti Dieng Culture Festival (DCF) itu sudah 13 tahun. Ini baru sekali tentu butuh pondasi elementer, yakni masyarakat. Nantinya kemajuan itu juga akan direngkuh oleh masyarakat sendiri,” paparnya. ***

Editor: Susanto

Sumber: jatengprov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X