Diduga Korupsi, Mantan Kades di Banyumas Ditangkap Polisi

- Kamis, 22 September 2022 | 18:52 WIB
PENYIDIK Polresta Banyumas saat melimpahkan berkas kasus korupsi salah satu mantan Kades di Banyumas ke Kejaksaan Negeri Purwokerto (SM Banyumas/Dok)
PENYIDIK Polresta Banyumas saat melimpahkan berkas kasus korupsi salah satu mantan Kades di Banyumas ke Kejaksaan Negeri Purwokerto (SM Banyumas/Dok)


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- K (65) warga Desa Karanglewas Kec. Jatilawang Kab. Banyumas mantan Kepala Desa Karanglewas Kec. Jatilawang Kab. Banyumas ditangkap pihak Kepolisian Resor Kota Banyumas.

Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi saat menjabat sebagai Kepala Desa periode 2016 s/d 2019 terhadap Dana Desa.

Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu, melalui Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Agus Supriadi S mengatakan bahwa melakukan penangkapan terjadap pelaku K yang diduga korupsi dana desa pada saat posisinya menjabat sebagai Kepala Desa.

Baca Juga: Banjir Lagi, Warga Manggala Karangtengah Cilongok Geruduk BPTU HPT Manggala

"Jadi modusnya seluruh dana untuk pekerjaan pembangunan fisik di kelola sendiri oleh K tanpa melibatkan perangkat desa yang lain.

Selain itu K juga memasukkan item pengeluaran penghasilan tetap perangkat desa yang sebenarnya tidak ada pejabatnya", ungkap Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menyebutkan bahwa dari Hasil pemeriksaan oleh Ahli dari Inspektorat Daerah Kabupaten Banyumas ditemukan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 622.214.304.

Baca Juga: Reuni ala Perupa: 120 Pelukis Bakal Hadir di Pameran Seni 'Gregah'

Menurut Kasat Reskrim, uang dana desa hasil korupsi telah digunakan K tidak sesuai dengan peruntukannya. Atas perbuatannya itu, pihaknya menerapkan pasal 2 dan 3 undang-undang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Untuk saat ini perkara sudah kami limpahkan ke pihak kejaksaan untuk proseh hukum lebih lanjut", ungkap Kasat Reskrim.***

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penderita Depresi asal Sumbang Mengamuk Bawa Celurit

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:00 WIB

Aliansi Masyarakat Cilongok Kembali Gelar Demo

Jumat, 30 September 2022 | 16:46 WIB

Warga Berharap Penertiban PGOT Diintensifkan Lagi

Jumat, 30 September 2022 | 06:17 WIB

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB
X