22 Warga Terdampak Longsor Sungai Pelus Sudah Dibuatkan Rumah Relokasi di Cilongok

- Selasa, 20 September 2022 | 08:07 WIB
22 Warga terdampak longsor Sungai Pelus mendapatkan rumah hunian untuk relokasi rumah mereka di Dalawangi, Cilongok (SM Banyumas/Dok)
22 Warga terdampak longsor Sungai Pelus mendapatkan rumah hunian untuk relokasi rumah mereka di Dalawangi, Cilongok (SM Banyumas/Dok)

PURWOKERTO,suaramerdeka-banyumas.com-Enam keluarga (K) beranggotakan 22 orang warga Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur terdampak longsor akibat gerusan Sungai Pelus sudah disiapkan ruah relokasi di Desa Cilongok Kecamatan Cilongok.

"Keluarga korban terdampak longsor Sungai Pelus yang sekarang diungsikan ke Wisma Kencana Arcawinangun sudah dibuatkan rumah relokasi Cilongok, dan siap untuk ditempati,"tutur anggota panitia relokasi Kelurahan Arcawinangun Keamatan Purwokerto Timur, Dedy Purwanto, Selasa 20 September 2022.

Rumah relokasi yangg berada di Gerumbul Dalawangi Desa Cilongok itu, kata dia, ada tujuh rumah yang sudah selesai dibangun, hasil swadaya masyarakat dan bantuan Pemkab Banyumas dan berbagai pihak.

Baca Juga: 22 Warga Arcawinangun Terdampak Longsor Gerusan Sungai Pelus Diungsikan

Menurutnya, saat ini baru ada satu keluarga yang menempati, yakni keluarga Kusnaanto. Penempatan bersamaan dengan peresmian penyerahan kuni secara simbolis oleh Bupati Banyumas Achmad Husein tanggal 23 Mei lalu.

"Tujuh KK itu, selain keluarga Pak Kusnanto, juga keluarga Pak Hari Sabar (rumahnya yang longsor sekarang-red), Pak Agung, Pak Trimono, Bu Haryati, Bu Endang dan Pak Sunanto," kata Ketua RW 8 Kelurahan Arcawinangun ini.

Dedy mengakui, sebelumnya mereka belum bersedia menempati rumah relokasi karena sejumlah alasan.

Baca Juga: Pagi ini, Pencarian Korban Timbunan Longsor Arcawinangun Dilakukan Lagi

Seperti sekolah anaknya masih di Arcawinangun, mata pencahariannya juga di wilayah ini, Termasuk ada yang rumahnya masih status tanah keluarga dan anggota keluarga tidak setuju pindah.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X