Unsoed Buka Rumah Isolasi Bahagia Sejahtera untuk Mahasiswa, Isoman Tetap Bisa Kuliah

- Rabu, 21 Juli 2021 | 15:11 WIB
TEMPAT ISOLASI MANDIRI: Gedung Rumah Susun atau asrama Mahasiswa (Rusumawa) Unsoed menjadi tempat isolasi mandiri khusus mahasiswa yang terpapar Covid-19. (SM/istimewa) (Nugroho Pandhu Sukmono)
TEMPAT ISOLASI MANDIRI: Gedung Rumah Susun atau asrama Mahasiswa (Rusumawa) Unsoed menjadi tempat isolasi mandiri khusus mahasiswa yang terpapar Covid-19. (SM/istimewa) (Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Banyumas belakangan ini membuat sivitas akademika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ikut memutar otak.

Pihak kampus membuka tempat isolasi mandiri (isoman) bernama Rumah Isolasi Bahagia Sejahtera (Risoba) khusus untuk melayani mahasiswa yang terpapar virus ini.

Fasilitas itu mulai melayani pasien tanpa gejala dan gejala ringan sejak awal Juli 2021 lalu.

Ketua Risoba Unsoed, Tyas Retno Wulan mengatakan, pembukaan Risoba ini adalah bukti lembaga pendidikan itu hadir dan peduli kepada mahasiswa yang kesulitan mencari tempat isoman.

Baca JugaSejumlah Desa di Jateng Lakukan Terobosan Tangani Covid-19

"Ada beberapa kasus kita temukan, mahasiswa yang positif kesulitan mencari tempat isoman. Mungkin karena ibu kos-nya khawatir dan lain-lain. Sehingga kami berupaya memberikan yang terbaik membuat fasilitas yang terbaik," kata Tyas, melalui aplikasi pesan, Rabu (21/7).

Dia menuturkan, konsep Risoba tersebut digagas oleh sejumlah dosen, di antaranya dr M Zaenuri Syamsu Hidayat SpKF MSi Med, Eri Wahyuningsih SKed MKes, Dr dr Dody Novrial SpPA MSiMed, Dyah Susanti SP MP, Dr Sos Waluyo Handoko SIP MSc dan Hermawan Prasojo SHMH.

Para dosen ini juga bertindak sebagai Tim Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Unsoed yang memfasilitasi mahasiswa saat isolasi mandiri.

Risoba, kata Tyas, memanfaatkan rumah susun mahasiswa (rusumawa) yang disulap menjadi tempat isolasi dengan kapasitas 20 kamar. Setiap kamar berisi 1 tempat tidur.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Terkini

PEN Sektor Wisata Untuk Dongkrak Pendapatan Daerah

Selasa, 21 September 2021 | 17:56 WIB

Polresta Banyumas Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021

Selasa, 21 September 2021 | 04:46 WIB

Doa Turun Hujan untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Selasa, 14 September 2021 | 10:34 WIB
X