Pesisir Selatan Cilacap Dihantam Gelombang Tinggi, Tanggul Pantai Kemiren Jebol, Warung Porak Poranda

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:54 WIB
PERIKSA KONDISI: Petugas memeriksa kondisi fasilitas masyarakat usai dihantam gelombang tinggi di Pantai Sodong, Cilacap, Selasa 30 Agustus 2022. (SMBanyumas/ istimewa)
PERIKSA KONDISI: Petugas memeriksa kondisi fasilitas masyarakat usai dihantam gelombang tinggi di Pantai Sodong, Cilacap, Selasa 30 Agustus 2022. (SMBanyumas/ istimewa)

CILACAP, suaramerdeka.com - Gelombang tinggi menghantam pesisir selatan Cilacap, Selasa 30 Agustus 2022.

Hantaman gelombang tinggi, menyebabkan kerusakan sejumlah warung pedagang di objek wisata, tanggul jebol di sekitar wilayah Kemiren, hingga pos TNI AL di sekitar areal 70.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wijonardi mengatakan, situasi dan kondisi sepanjang pantai Cilacap dari areal 70 sampai dengan Jetis saat ini dan sampai besok diprakirakan sedang tidak bersahabat.

Menurutnya dari data BMKG, ada potensi gelombang dengan ketinggian mencapai empat hingga enam meter.

Baca Juga: Panas Terik Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia, BMKG Nyatakan Bukan Efek Gelombang Panas

"Izin menginformasikan pantauan petugas sejak pagi, melaporkan beberapa wilayah pantai tujuan wisata sudah terdampak, dengan merusak beberapa aset pedagang, Pantai Kemiren tanggul dilaporkan jebol lagi, petugas UPT kota dan Kroya saat ini masih melakukan pantauan dan himbauan agar masyarakat menjauh dan mengurangi aktifitas di pantai, sebagaimana himbauan BMKG," jelasnya.

BPBD menurut dia, juga menurunkan 3 unit mobil untuk patroli pantai.

Selain itu, pihaknya juga mengaktifkan unit EWS untuk memberikan imbauan pada masyarakat.

Sementara itu, hantaman gelombang tinggi juga terjadi di sekitar wilayah yang terkenal sebagai tempat konservasi penyu, yaitu Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB
X