Hingga Agustus 2022, BPJamsostek Purwokerto Bayar Klaim Rp 278,8 Miliar

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:48 WIB
Peserta program BPJAMSOSTEK mengajukan klaim jaminan. (foto dok BPJAMSOSTEK Purwokerto)
Peserta program BPJAMSOSTEK mengajukan klaim jaminan. (foto dok BPJAMSOSTEK Purwokerto)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Hingga Agustus 2022, Kantor BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Purwokerto membayar klaim jaminan sebesar Rp 278,8 miliar dengan jumlah 26.991 kasus.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Purwokerto, Agus Widiyanto mengatakan pembayaran klaim tersebut meliputi Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP) dari tiga cabang yaitu Purwokerto, Purbalingga dan Banjarnegara.

"Jadi untuk klaim JHT dari Januari hingga Agustus 2022, sudah menyelesaikan 19.677 klaim dengan manfaat yang sudah kami berikan sebesar Rp 252,5 miliar," katanya dari rilis yang diterima banyumas.suaramerdeka.com, Jumat 26 Agustus 2022.

Dia menambahkan, untuk klaim JKK telah berhasil menyelesaikan 1.463 klaim dengan manfaat yang sudah dibayarkan sebesar Rp 8,6 miliar, dan JKM sebanyak 529 klaim dengan manfaat yang berhasil diberikan sebesar Rp 14,3 miliar.

Baca Juga: BPJamsostek Cabang Purwokerto Kampanyekan Anti Korupsi

"Nah untuk program JP, sampai Agustus 2022 kami sudah berhasil menyelesaikan kasus sebanyak 5.322 klaim dengan manfaat yang telah diberikan sebanyak Rp 3,4 miliar," kata Agus.

Sementara itu, untuk program terbaru yakni Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), Agus mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2022 dari Januari hingga Agustus pihaknya baru menyelesaikan 1 klaim.

Menyikapi data klaim, Agus menjelaskan pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan. Termasuk dalam proses layanan klaim agar lebih cepat dan mudah, guna merespons perubahan kondisi lingkungan akibat pandemi dan beragam tantangan.

Baca Juga: BPJamsostek Optimalkan Pelayanan pada MPP Banyumas

Salah satu kemudahan layanan klaim yang diberikan kepada peserta adalah melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), di mana para peserta dapat melakukan klaim lebih cepat dan mudah dengan beragam fitur-fitur yang lebih lengkap.

"Selain untuk pengajuan klaim JHT, JMO juga bisa menyediakan fitur-fitur lainya seperti pendaftaran peserta, pembayaran iuran, informasi program, kartu digital, pengecekan saldo, info lokasi kantor cabang, RS/klinik Pusat Layanan Kecelakaan Kerja(PLKK), pelaporan dan layanan pengaduan," kata Agus menjelaskan.

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paningkaban Akan Gelar Gropyokan Hama Celeng

Selasa, 14 Maret 2023 | 07:51 WIB
X