Merdeka Bertansaksi Lewat Agen 46, Permudah Akses Perbankan ke Pelosok

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:16 WIB
TRANSAKSI: Pembeli melakukan transaksi pembayaran menggunakan ATM di Agen 46 Toko Nadia di Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jumat, 12 Agustus 2022. (SM Banyumas/Ryan Rachman)
TRANSAKSI: Pembeli melakukan transaksi pembayaran menggunakan ATM di Agen 46 Toko Nadia di Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jumat, 12 Agustus 2022. (SM Banyumas/Ryan Rachman)

SUASANA Toko Nadia cukup ramai siang itu. Beberapa orang bergantian berdatangan untuk membeli kebutuhan hari-hari mereka.

Usai mengambil sejumlah barang, salah seorang pembeli, Nani Wiarsih (28) lalu menuju ke meja kasir. Dia tak langsung mengambil uang tunai untuk membayar, namun malah mengeluarkan kartu ATM.

Nah oleh si kasir, kartu itu digesek ke Electronic Data Capture (EDC). Tal tul tal tul jemarinya menuliskan nominal pembayaran.

Lalu si pembeli memencet nomor pin ATM itu. Setelah itu secarik kertas keluar dari EDC bertuliskan barang yang dibeli dan nominalnya.

Baca Juga: 11 Jolen Dilarung, Dalam Festival Nelayan Cilacap 2022

"Saya sudah lama jadi nasabah BNI, sepuluh tahun lebih. Awalnya kalau butuh uang ya narik ke kota. Paling dekat dari sini di Klampok, setengah jam naik motor. Tapi setelah ada Agen 46 di sini (Toko Nadia) jadi dekat. Hanya tetangga desa, paling 5 menit," kata warga RT 1 RW 3 Desa Pingit, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara ini, Jumat, 12 Agustus 2022.

Di situ dia bisa melakukan transaksi perbankan apapun yang diinginkan. Transfer uang, membayar tagihan listrik, membeli pulsa gawai, bahkan menarik uang tunai.

Toko Nadia adalah salah satu toko kelontong di RT 2 RW 6 Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

Toko kelontong yang cukup besar itu menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Karang dan Bodas Di Purbalingga Dinormalisasi

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:29 WIB
X