Cek Peternakan Sapi di Cilacap, Bupati : Kondisi Hewan Kurban Bebas PMK

- Minggu, 10 Juli 2022 | 11:13 WIB
CEK HEWAN KURBAN: Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama forkopimda, mengecek hewan kurban di kandang peternak sapi di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jumat 8 Juli 2022.  (SMBanyumas/Gayhul Dhika  )
CEK HEWAN KURBAN: Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama forkopimda, mengecek hewan kurban di kandang peternak sapi di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jumat 8 Juli 2022. (SMBanyumas/Gayhul Dhika )


CILACAP, banyumas-suaramerdeka.com - Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyatakan hewan kurban di Cilacap bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Di Cilacap yang kena PMK ada 305 ekor, sebanyak 148 sembuh, dan yang tidak sembuh sudah disembelih. Jadi saat ini sehat semua," ucap Tatto, usai mengecek kondisi hewan kurban di kandang milik peternak sapi di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jumat 8 Juli 2022.

Menurutnya pengecekan hewan kurban di kandang, dilakukan untuk memastikan agar hewan kurban dalam kondisi sehat, baik, dan layak untuk dikurbankan.

Dari hasil pengecekan, menurutnya hewan kurban yang ada juga sehat dan bebas PMK.

Baca Juga: Seluruh Kabupaten di Jatim, Jateng dan Babel Terpapar PMK, Testing dan Karantina Ternak Diminta Diintensifkan

Lebih lanjut ia mengingatkan, jika ditemukan hewan kurban yang terkena PMK, maka bagian kepala dan kaki hewan kurban tersebut, tidak boleh dikonsumsi.

Selain mengecek, hewan kurban di kandang milik peternak, bupati juga mengecek kesiapan rumah pemotongan hewan (RPH).

Terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Sigit Widayanto mengatakan, guna mengatasi PMK, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya, salah satunya vaksinasi.

Baca Juga: Grengseng Kambing, Olahan Daging Kambing yang Sederhana namun Memikat Selera

"Kami menerima alokasi vaksinasi PMK, sebanyak lima ribu dosis," ucapnya.

Sigit mengatakan, dari lima ribu dosis vaksin yang diterima, pihaknya telah menggunakan 3.400 dosis.

Vaksinasi menurutnya telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, terutama di daerah sentra peternakan sapi, seperti Kecamatan Adipala, Kecamatan Binangun, dan Kecamatan Nusawungu.

Baca Juga: Pingin Olahan Kambing yang Beda? Coba Resep Kambing Oven

Adapun terkait kesiapan RPH, menurutnya RPH Cilacap yang berada di Proliman, Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi memiliki kapasitas pemotongan sampai 40 ekor perhari.***

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB

Patroli Satpol PP Cilacap Jaring PGOT dan Anak Punk

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:59 WIB
X