Penjualan Hewan Kurban di Pasar Hewan Ajibarang Masih Lesu

- Kamis, 30 Juni 2022 | 07:18 WIB
LESU: Kondisi pemasaran ternak sapi di Pasar Hewan Ajibarang dikeluhkan pedagang karena lesu akibat wabah Penyakit dan Mulut Kuku (PMK). )(SM Banyumas/Susanto)
LESU: Kondisi pemasaran ternak sapi di Pasar Hewan Ajibarang dikeluhkan pedagang karena lesu akibat wabah Penyakit dan Mulut Kuku (PMK). )(SM Banyumas/Susanto)

BANYUMAS,suaramerdeka-banyumas.com-Penjualan hewan kurban, dua minggu jelang Idul Adha di Pasar Hewan Ajibarang hingga Rabu 29 Juni 2022 masih terbilang lesu. Penjualan hewan ternak masih rendah.

Pedagang hewan ternak sapi asal Purbalingga, Supri (40) mengatakan saat ini belum banyak warga yang datang untuk membeli hewan ternak sapi. Sebagian pengunjung pasar saat ini lebih banyak untuk menyurvey harga saja.

"Mereka belum banyak membeli, tetapi lebih banyak memantau harga. Mungkin minggu depan yang akan lebih ramai. Memang masih lesu kondisinya," jelasnya.

Baca Juga: Pintar Manfaatkan Marketplace dan Internet Cepat, Dorong Bisnis Rumahan Makin Pesat

Dijelaskan Supri, lesunya perdagangan ternak ini juga dipengaruhi dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak.

Akibatnya pasokan sapi dan permintaan sapi di pasar juga terbilang menurun.

"Sapi yang datangpun terbatas tak seperti tahun sebelumnya. Begitupun dengan para calon pembeli juga terbilang sedikit. Biasanya kalau sedang normal, pasar hewan di sini penuh," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 10 Juli 2022

Pedagang sapi asal Tegal, Slamet mengatakan lesunya pemasaran sapi ini juga dirasakan tak hanya di Banyumas saja, di wilayah Brebes dan Tegal juga terjadi hal serupa.

Umumnya saat ini banyak calon pembeli yang membeli langsung ke peternak atau datang ke kandang.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB

Guru Ngaji Kabupaten Banyumas Diusulkan Terima Insentif

Selasa, 27 September 2022 | 12:52 WIB
X