Terhempas Angin dan Ombak Besar, Kapal Tongkang Terdampar di Pantai Jetis

- Minggu, 26 Juni 2022 | 14:57 WIB
  Sebuah kapal tongkang terdampar di Pantai Bungso Jetis, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Minggu 26 Juni 2022.(SM Banyumas/dok)
Sebuah kapal tongkang terdampar di Pantai Bungso Jetis, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Minggu 26 Juni 2022.(SM Banyumas/dok)
 
CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Akibat terhempas angin dan ombak besar, sebuah kapal tongkang Gold Trans 3007 Jakarta, terdampar di Pantai Bungso Jetis, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Minggu 26 Juni 2022
 
Kasatpolairud Polres Cilacap AKP Huda Syafi'i menjelaskan, kapal tersebut sedang berlayar dari Dermaga S2P PLTU Karangkandri, Cilacap, menuju ke Kalimantan Timur. Namun baru sampai di sekitar perairan Kebumen, terjadi cuaca buruk. 
 
Dengan situasi cuaca yang buruk, nakhoda kapal akhirnya berusaha untuk lego jangkar, hingga menunggu cuaca kembali bagus untuk melanjutkan pelayaran.
 
 
"Namun saat lego jangkar  terhempas oleh  angin dan ombak besar, sehingga jangkar terlepas dan kapal larat sampai  di Pantai Bungso Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu," ungkapnya. 
 
Mengetahui situasi tersebut, pihaknya dan  Anggota Satpolairud Polres Cilacap, Polsek Nusawungu, Basarnas, HNSI, dan potensi SAR , menuju TKP dan melakukan pengamanan.
 
Ia juga telah menghubungi agen kapal tug boat untuk melakukan tindakan evakuasi selanjutnya.
 
 
Selain itu, memberikan imbauan kepada pengunjung pantai untuk tidak mendekat ke kapal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 
 
"Saat ini masih menunggu bantuan tug boat yang horse power nya lebih besar dari Pacitan, untuk membantu menarik tongkang tersebut," tuturnya. 
 
Kasatpolairud menambahkan, saat terdampar kapal tongkang batubara itu tidak membawa muatan atau muatan kosong.
 
 
Selama kejadian juga tidak ada korban jiwa, adapun cuaca hujan disertai angin kencang dan ombak besar. ***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Cilacap Kembali Salurkan Bansos di 31 Lokasi

Jumat, 30 September 2022 | 13:07 WIB
X