Pemilu 2024, Peluang Penambahan Dapil di Banyumas Masih Terbuka

- Rabu, 15 Juni 2022 | 17:05 WIB
KEBERSAMAAN DENGAN PARPOL: Komisioner KPU Banyumas dan Bawaslu setempat berfoto bersama dengan perwakilan partai yang hadir dalam acara nonton bareng peluncuiran tahapan Pemilu 2024 oleh KPU Pusat, Selasa malam 14 Juni 2022, di Aula KPU Banyumas. (SM-Banyumas/Agus Wahyudi-))
KEBERSAMAAN DENGAN PARPOL: Komisioner KPU Banyumas dan Bawaslu setempat berfoto bersama dengan perwakilan partai yang hadir dalam acara nonton bareng peluncuiran tahapan Pemilu 2024 oleh KPU Pusat, Selasa malam 14 Juni 2022, di Aula KPU Banyumas. (SM-Banyumas/Agus Wahyudi-))
 
 
PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Penambahan daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Banyumas pada Pemilu 2024 terbuka.
 
Pasalnya, sudah tiga periode pemilu berjalan, jumlah dapil tetap sama, yakni enam dapil.
 
Sementara jumlah penduduk (pemilih) terus bertambah.
 
 
"Sejak Pemilu 2009,2014 dan 2019 kemarin, kita tetap dengan enam dapil, padahal jumlah penduduk terus bertambah. Harapannya pada Pemilu 2014 besok, dapilnya ditambah," kata Wakil Ketua DPRD Banyumas Supangkat, politisi dari Partai Golkar, saat mengikuti acara nonton bareng launching tahapan Pemilu 2024, di KPU Banyumas, Selasa malam, 14 Juni 2022.
 
Penmabahan dapil ini, katanya, juga tidak akan merugikan parpol peserta pemilu. Pasalnya partai sudah memiliki perangkat jaringan hingga sampai bawah. 
 
Justru dengan  bertambahnya dapil, nilai dia, justru akan mendekatkan antara calon dengan pemilihnya.
 
 
"Masa sudah tiga kali pemilu, ini (enam dapil-red) masih mau dipertahankan lagi.
 
Pada Pemilu 2009 yang mengunakan hak pilihnya sekitar 1,2 juta, Pemilu 2014 sekitar 1,4 dan Pemilu 2019 sekitar 1,6 juta. Sekarang sudah lebih dari 1,6 juta pemilih," terangnya. 
 
Politisi senior Golkar ini menggambarkan, pada Pemilu 2024 idealnya tujuh dapil.  Untuk wilayah kecamatan yang layak dipecah, katannya, di antaranya Kecamatan Cilongok, dengan jumlah penduduk dan desa terbanyak di Banyumas.
 
 
Pertimbangan yang utama dalam perubahan dapil, adalah jumlah penduduk (pemilih), luas wilayah dan kondisi geografis.
 
"Logiknya jumlah penduduk terus bertambah, dapilnya tetap dan sudah tiga kali berturut-turut. Idealnya penambahan satu dapil saja sudah bagus," ujarnya.
 
Ketua KPU Banyumas, Imam Arief Setiadi menanggapi hal itu mengatakan, perybahan dapil pada Pemilu 2024 masih terbuka peluangnya.
 
 
Namun, untuk hal ini, kata dia, akan pembahasan rencana pendapilan akan mulai dibahas November-Desember 2022. 
 
"Kita awali ari forum focus Group Discustion (FGD) dan menyerapan aspirasi masyarakat. Untuk FGD, kita akan libatkan partai politik, tokoh masyarakat, akademisi serta dinas-instansi," katanya usai foto bersama usai nobar launching tahapa pemilu.
 
Menurutnya, setelah dirumuskan di daerah, penetapan tetap dari KPU Pusat, dan sesuai jadwal pada Februari 2023. Pihaknya  hanya menghimpun masukan-masukan dari masyarakat. 
 
 
"Ada tujuh syarat untuk perubahan dapil. di antaranya jumlah pendudukan dan keterpaduan wilayah.
 
Misalnya kecamatan satu dengan lainnya terpadu atau terintegrasi atau tidak, karena prinsipnya harus menyatu," jelasnya.
 
Pada Pemilu 2019 lalu, di Banyumas ditetapkan enam dapil.  Pertama, Dapil Banyumas 1 yang meliputi kecamatan Patikraja, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur dan Purwokerto Utara. 
 
 
Kedua, Dapil Banyumas 2 yang meliputi Kecamatan Baturraden, Kembaran, Sokaraja dan Sumbang.  Ketiga, Dapil Banyumas 3 yang meliputi Kecamatan Banyumas, Kalibagor, Kemranjen, Somagede, Sumpiuh dan Tambak. 
 
Keempat, Dapil Banyumas 4 yang meliputi Kecamatan Jatilawang, Kebasen, Rawalo dan Wangon. Kelima, Dapil Banyumas 5 yang meliputi Kecamatan Ajibarang, Gumelar, Lumbir dan Pekuncen. 
 
Keenam, Dapil Banyumas 6 yang meliputi Kecamatan Cilongok, Karanglewas, Kedungbanteng dan Kecamatan Purwojati. 
 
 
Adapun komposisi jumlah kursi anggota DPRD kabupaten untuk masing-masing dapil berkisar antara 8-9 buah.  Jumlah kursi untuk DPRD Banyumas ditetapkan 50 kursi.
 
Dapil Banyumas 1, 4, 5 dan 6 masing-masing sebanyak 8 kursi. Sedangkan Dapil Banyumas 2 dan 3 masing-masing mendapat porsi 9 kursi.***
 
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan Lopasir Penghubung Adisara-Karanglewas Longsor

Minggu, 27 November 2022 | 05:59 WIB

Ormas Agama Mulai Galang Dana Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 18:15 WIB

Jambret HP yang Sudah Beraksi Belasan Kali Ditangkap

Selasa, 22 November 2022 | 11:15 WIB

Dampak Longsor dan Banjir Luapan Gumelar Masih Ditangani

Selasa, 22 November 2022 | 09:37 WIB
X