Cegah PMK, Polres Banjarnegara Tingkatkan Patroli Keluar Masuk Hewan Ternak

- Jumat, 13 Mei 2022 | 14:52 WIB
Kapolres Banjarnegara dan jajarannya saat mengunjungi peternakan untuk pencegahan penularan PMK hewan ternak ( SM Banyumas/dok instagram Polres Banjarnegara)
Kapolres Banjarnegara dan jajarannya saat mengunjungi peternakan untuk pencegahan penularan PMK hewan ternak ( SM Banyumas/dok instagram Polres Banjarnegara)



BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.comPolres Banjarnegara siap melaksanakan patroli keluar masuknya hewan ternak sapi di wilayah Banjarnegara bersama dengan dinas terkiat untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Hal itu disampaikan Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto  saat melakukan pengecekan ke tempat peternakan sapi penduduk, pasar hewan dan tempat penyembelihan sapi di Wilayah Hukum Polres Banjarnegara, Rabu 11 Mei 2022.

Ia mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga: Hasil Piala Thomas Cup 2022 : Bungkam China, Indonesia Melaju Semifinal

Patroli terpadu juga akan dilaksanakan di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternakan dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada virus PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain, memastikan kebersihan kandang," katanya sebagaimana dikutip dari instagram Polres Banjarnegara

Ia berharap dengan pengecekan sapi yang disejumlah tempat dilakukan dapat menjadi upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), khusunya di Wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga: Pemuda Papua Polisikan Ruhut Sitompul Usai Unggah Meme 'Rasis' Anies Baswedan

"Hari ini kami mengecek ketempat peternakan, pasar dan tempat penyembelihan sapi, hasil kegiatan tersebut sampai saat ini tidak ditemukan tanda-tanda sapi yang terjangkit virus PMK," jelasnya. ***

Meski begitu, lanjut Kapolres, petugas tetap memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kepada masyarakat.

"Kita akan bersinergi dengan Dinas Peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa wilayah," tuturnya.

Editor: Susanto

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PHRI Banjarnegara Optimistis Pariwisata Terus Tumbuh

Selasa, 15 November 2022 | 19:58 WIB

PRM Petambakan Gelar Salat Gerhana Bulan

Rabu, 9 November 2022 | 08:23 WIB

Lokasi Longsor Bantar-Suwidak Dipasang EWS

Rabu, 2 November 2022 | 12:22 WIB

76 Warga 2 Desa Mengungsi Akibat Longsor

Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:52 WIB
X