Kisah Para Tukang Ganjal Ban Dadakan Mengais Rezeki di Antara Kemacetan di Jalur Wisata Baturraden

- Kamis, 5 Mei 2022 | 18:56 WIB
GANJAL KENDARAAN: Tukang Ganjal bersiap untuk mengganjal ban kendaraan roda empat yang tidak kuat menanjak di jalur menuju Lokawisata Baturaden, Kamis. 5 Mei 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
GANJAL KENDARAAN: Tukang Ganjal bersiap untuk mengganjal ban kendaraan roda empat yang tidak kuat menanjak di jalur menuju Lokawisata Baturaden, Kamis. 5 Mei 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

BATURRADEN, suaramerdeka-banyumas.com - Momentum libur lebaran tahun 2022 ini menjadi ladang rezeki tersendiri bagi para tukang ganjal ban dadakan di jalur wisata Baturraden, Banyumas.

Profesi musiman ini selalu muncul setiap libur Idulfitri. Mereka bersiaga di jalan raya Baturraden timur, sekitar 1 kilometer dari bundaran Terminal Baturraden menuju ke Lokawisata Baturraden.

Kamis, 5 Mei 2022, puluhan tukang ganjal ban sudah sigap berjaga di tepi jalan agar kendaraan pengunjung tidak mogok ataupun berjalan mundur karena tidak kuat menanjak.

Mereka segera memasang ganjalan berbahan kayu tepat di roda belakang. Setelah itu, mereka pun mendorong mobil tersebut hingga ke ruas jalan yang lebih datar.

Baca Juga: Lokawisata Baturraden Tembus Angka 10.000 Pengunjung, Sudah New Normal?

"Biasanya saya beroperasi kalau Lebaran, karena memang jalur sini ramai, kadang sampai macet. Saya sudah stand by sejak hari kedua Lebaran (Selasa, 3 Mei 2022)," ujar Dartim (39), warga Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai buruh serabutan ini bersama 25 orang temannya berinisiatif menjadi tukang ganjal ban dadakan untuk mencari tambahan penghasilan. Meski, diakuinya, pendapatan yang diperoleh tidak menentu.

"Ya bayar seikhlasnya, kemarin dapat Rp 15 ribu, waktu ramai ya Rp 100 ribu," tuturnya.

Semenjak Pemkab Banyumas mengeluarkan kebijakan tidak membatasi kapasitas wisatawan di objek wisata, jalur menuju Lokawisata Baturraden mendadak padat merayap.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aliansi Masyarakat Cilongok Kembali Gelar Demo

Jumat, 30 September 2022 | 16:46 WIB

Warga Berharap Penertiban PGOT Diintensifkan Lagi

Jumat, 30 September 2022 | 06:17 WIB

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB

Guru Ngaji Kabupaten Banyumas Diusulkan Terima Insentif

Selasa, 27 September 2022 | 12:52 WIB
X