Catat, Begini Syarat Melakukan Perjalanan Bagi Calon Penumpang Bus di Terminal Bulupitu

- Rabu, 20 April 2022 | 22:30 WIB
MENUNGGU : Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Bulupitu Purwokerto, Selasa, 19 April 2022. (SMBanyumas/MG04/Unggun Dwi Prasetyo)
MENUNGGU : Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Bulupitu Purwokerto, Selasa, 19 April 2022. (SMBanyumas/MG04/Unggun Dwi Prasetyo)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com – Calon penumpang yang menggunakan moda transportasi darat di Terminal Bulupitu Purwokerto pada arus mudik 2022, harus memenuhi sejumlah syarat perjalanan.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Bulupitu Banyumas, Bayu Setiawan menjelaskan, mudik tahun ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 38 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

"Tidak ada pembatasan perjalanan, hanya saja ada persyaratan yang harus dipenuhi," ujar Bayu, Selasa, 19 April 2022.

Baca Juga: Mitigasi Angkutan Lebaran yang Sehat dan Aman, Sejumlah Bus di Terminal Bulupitu Dilakukan Pengecekan

Bayu mengatakan terdapat persyaratan yang harus diperhatikan bagi calon pengguna jasa otobus di Terminal Bulupitu.

Calon penumpang yang baru melakukan vaksin dosis pertama wajib untuk menujukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam.

Kemudian bagi calon penumpang yang telah menerima vaksin dosis kedua dapat menggunakan RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam.

Untuk calon penumpang yang sudah melakukan booster tidak dibebankan persyaratan perjalanan apapun.

Baca Juga: Diprediksi Lampaui Mudik Sebelum Pandemi, Puncak Arus Mudik Diprediksi 29 April 2022

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna membuka pos kesehatan untuk penyelenggaraan vaksin booster, tes antigen dan obat-obatan bagi calon penumpang," tandas Bayu.

Sebagai informasi, pemerintah menetapkan cuti bersama mulai 29 April 2022.

Berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diperkirakan akan terdapat sekitar 40 juta kendaraan pada libur lebaran tahun ini.

Mengacu pada hasil kajian Litbang Kementerian Perhubungan diperkirakan ada peningkatan kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah sekitar 30 sampai 40 persen.

Baca Juga: Naik Bus di Terminal Bulupitu Tak Lagi Tes Antigen, Tapi ...

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Warga Karangkemojing Ludes Terbakar

Selasa, 30 Mei 2023 | 15:03 WIB
X