Daop V Purwokerto Pastikan Jalur Kereta Api Aman untuk Arus Mudik Lebaran

- Selasa, 19 April 2022 | 19:37 WIB
PERIKSA REL: Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat didampingi Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono melakukan pemeriksaan rel di jalur menuju Stasiun Purwokerto, Selasa 19 April 2022. (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)
PERIKSA REL: Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat didampingi Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono melakukan pemeriksaan rel di jalur menuju Stasiun Purwokerto, Selasa 19 April 2022. (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)
 
PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - PT KAI Daop V Purwokerto memastikan jalur KA untuk mudik lebaran yang ada di wilayahnya aman dilalui kereta api.
 
Persiapan sudah dilakukan satu bulan sebelum arus mudik dimulai.
 
“Kami meyakinkan kondisi track/jalur benar-benar baik, lebar jalur, kondisi bantalan dan jembatan, perlintasan sebidang serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS),” terang Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johanes Hutabarat saat melakukan pemeriksaan jalur KA, Selasa 19 April 2022.
 
 
Dalam rangka meningkatkan keselamatan dan  memastikan keamanan perjalanan KA terutama jelang arus mudik Lebaran,
 
Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat bersama Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu dan Kepala Dandim 0701 Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono melakukan pemeriksaan bersama menggunakan Dresin (lori) antara Stasiun Purwokerto – Notog, Selasa  19 April 2022.
 
Kegiatan pemeriksaan bersama ini guna meyakinkan kondisi pengamanan baik di stasiun dan disepanjang jalur KA, kondisi jembatan, dan pemeriksaan daerah-daerah rawan disepanjang jalur tersebut.
 
 
“Pemeriksaan jalur dilakukan mengingat KA adalah merupakan angkutan masal sekaligus memastikan bahwa keselamatan dan keamanan perjalanan KA senantiasa terjaga dari gangguan eksternal yang mungkin terjadi.
 
Untuk itu KAI Daop 5 bersinergi dan berkolaborasi dengan kewilayahan untuk meminimalisir potensi bahaya,” terang Daniel.
 
PT KAI juga memastikan tetap melakukan perawatan, pemeriksaan sarana dan prasarana perkeretaapian secara rutin.
 
 
Masa Angkutan Lebaran tahun ini ditetapkan mulai H-10 yakni 22 April 2022 hingga H+10 yakni 13 Mei 2022.
 
Daniel menyatakan KAI Daop 5 Purwokerto terus melakukan upaya dalam rangka mewujudkan angkutan kereta api yang selamat, aman, nyaman dan sehat.
 
Salah satunya melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian.
 
 
"Pemeriksaan lintasan oleh petugas dilakukan rutin 24 jam. Posko rawan bemcana disiapkan 24 jam juga.
 
Untuk perlintasan sebidang yang tak dijaga, Daop kerjasama dengan Dishub, Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk ikut mengamankan perlintasan," papar Daniel.
 
Sementara itu sebelum dilaksanakan pemeriksaan bersama, Daop 5 Purwokerto membagikan  paket sembako untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas, yakni di Kelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat dan Notog.
 
 
“Pemberian Paket sembako KAI Peduli ini di berikan kepada masyarakat yang berada disekitar jalur KA berupa bahan pokok pangan," jelas Daniel dalam keterangannya, Selasa (19/4).
 
Daniel mengatakan, pembagian bahan pokok pangan secara gratis ini merupakan program dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan (TJSL) PT KAI.
 
Penyerahan paket sembako diserahkan secara langsung oleh VP Daop 5 kepada Wakil Bupati Kabupaten Banyumas, Sadewo Trilastiono yang selanjutnya diteruskan kepada Kepala Kelurahan Kober untuk diserahkan kepada warga Kober yang berhak menerima.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aliansi Masyarakat Cilongok Kembali Gelar Demo

Jumat, 30 September 2022 | 16:46 WIB

Warga Berharap Penertiban PGOT Diintensifkan Lagi

Jumat, 30 September 2022 | 06:17 WIB

Larasatun Ibunda Mayangsari Terkenal Ramah dan Supel

Rabu, 28 September 2022 | 07:57 WIB

Guru Ngaji Kabupaten Banyumas Diusulkan Terima Insentif

Selasa, 27 September 2022 | 12:52 WIB
X