Cilacap Masuk Kabupaten Prioritas Program AIHSP

- Kamis, 7 April 2022 | 18:48 WIB
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama  Tim Program AIHSP di Ruang Prasandha Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kamis (7/4).(SM Banyumas/Dok)
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Tim Program AIHSP di Ruang Prasandha Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kamis (7/4).(SM Banyumas/Dok)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com – Kabupaten Cilacap menjadi salah satu dari lima kabupaten terpilih di Provinsi Jawa Tengah, sebagai kabupaten prioritas Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) atau Program Kemitraan Australia Indonesia untuk ketahanan kesehatan nasional. 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan Program AIHSP telah beroperasi di Provinsi Jawa Tengah sejak Bulan Februari 2021, untuk mendukung respon langsung terhadap COVID-19 di Indonesia.
 
Hal tersebut juga dilakukan sebagai reformasi jangka panjang pada sistem kesehatan di tingkat nasional dan provinsi – provinsi pilihan termasuk Jawa Tengah.
 
 
“Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten prioritas dipilih berdasarkan beberapa kriteria, termasuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), cakupan Vaksinasi Covid-19, komitmen Pemerintah Kabupaten dan analisa kebutuhan epidemologis.
 
Kita bersyukur, bahwa Kabupaten Cilacap masuk dalam lima kabupaten terpilih di Provinsi Jawa Tengah sebagai kabupaten prioritas AIHSP,” kata Bupati dalam keterangan tertulis, saat menyambut Tim Program AIHSP di Ruang Prasandha Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kamis 7 April 2022.
 
Bupati menambahkan, kehadiran program AIHSP di Kabupaten Cilacap akan memberikan semangat kepada masyarakat sehingga bisa mendeteksi darurat kesehatan hewan dari infeksi baru dan zoonosis yang lebih kuat.
 
 
“Selain itu, program ini bukan hanya untuk kesehatan hewan tetapi lebih dari masyarakat itu sendiri, sehingga masyarakat bisa terhindar dari resiko munculnya penyakit menular baru.
 
Dengan hadirnya program AIHSP ini, tentu kita harapkan akan memberikan solusi kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap,” jelasnya. 
 
Sementara itu, dalam sambutan sekaligus paparannya, Deputy Team Leader Muhamad Isradi menjelaskan, program AIHSP adalah program lima tahun yaitu dari 2020 – 2025 yang bertujuan untuk ketahanan kesehatan dengan mempromosikan pendekatan One Health yaitu Integrasi kesehatan hewan, masyarakat, dan lingkungan.
 
 
“Ada tiga komponen terkait program ini yaitu komponen cross cutting atau koordinasi lintas sektoral kemudian fokusnya adalah kesehatan manusia dan juga kesehatan hewan.
 
Secara umum adalah memperkuat system surveilans,” ucapnya.
 
Pada tahun 2022, AIHSP memiliki rencana kerja dengan melanjutkan dukungan pengembangan Emergency Operations Centre Kesehatan, memperkuat jejaring komunikasi resiko/publik COVID-19 dan komunikasi resiko anthrax, percepatan vaksinasi COVID-19 di kabupaten bersama PMI, dukungan pemberantasan penyakit hewan dan zoonosis, intervensi kegiatan di kabupaten prioritas, konsolidasi rencana kegiatan kesehatan hewan dan manusia di kabupaten prioritas.
 
 
Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, Deputy Team Leader Muhamad Isradi, Koordinator Provinsi Program AIHSP Jawa Tengah Hartanto, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap serta stakeholder terkait.***
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB
X