Korupsi Pipa dan Iuran BP Jamsotek, Mantan Kasubag PDAM Banjarnegara

- Rabu, 16 Maret 2022 | 15:43 WIB

BANJARNEGARA, suaramerdeka-banyumas.com – Kejaksaan Negeri Banjarnegara menahan SR, tersangka tindak pidana korupsi pengadaan pipa dan dana BPJS Ketenagakerjaan karyawan PDAM Banjarnegara, Selasa 15 Maret 2022.

SR merupakan mantan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian PDAM Banjarnegara.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banjarnegara Wahyu Triantono melalui Kepala Seksi Intelijen Yasozisokhi Zebua menjelaskan, penahanan dilaksanakan penyidik Kejari Banjarnegara oleh Kasi Tindak Pidana Khusus R Angga Aprianto bersama Kasubsi Penuntutan, Upaya Hukum dan Eksekusi Ester serta Tim Penyidik. Sebelumnya, SR telah ditetapkan sebagai tersangka pada 25 Februari 2022.

Baca Juga: Gempa Bumi M 5,5 Guncang Cianjur

“Tersangka SR merupakan mantan Kasubbag Umum dan Kepegawaian PDAM. Tersangka didampingi keluarga dan penasihat hukum datang ke Kantor Kejaksaan Negeri Banjarnegara memenuhi panggilan Jaksa Penyidik pada Selasa (15/3).

Penahanan tersebut terkait dugaan penyelewengan dana pembelian pipa dan asesorisnya. Selain itu, tersangka juga menggelapkan iuran BPJS Ketenagakerjaan dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2017.

“Penahanan pada tahap penyidikan ini dilakukan selama 20 hari di Rutan Banjarnegara sejak 15 Maret hingga 3 April 2022,” jelasnya.

Baca Juga: Kembali Lolos X Factor Indonesia, Danar Widianto Anak Montir dan Pedagang Jajanan Pasar ini Masuk Babak 7

Tersangka diduga menggelapkan iuran BP Jamsostek pegawai PDAM. Iuran tersebut semestinya dibayarkan PDAM setiap bulan dari potongan gaji pegawai.

“Pembayaran iuran ini merupakan tugas tersangka SR selaku Kasubag Umum dan Kepegawaian, namun tersangka SR tidak melakukan pembayaran melainkan digunakan untuk keperluan pribadi,” jelasnya.

Kemudian PDAM Kabupaten Banjarnegara melaksanakan pembelian pipa dan akseksanakan dengan voucher pengadaan pipa dan cek.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PHRI Banjarnegara Optimistis Pariwisata Terus Tumbuh

Selasa, 15 November 2022 | 19:58 WIB

PRM Petambakan Gelar Salat Gerhana Bulan

Rabu, 9 November 2022 | 08:23 WIB

Lokasi Longsor Bantar-Suwidak Dipasang EWS

Rabu, 2 November 2022 | 12:22 WIB

76 Warga 2 Desa Mengungsi Akibat Longsor

Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:52 WIB
X