200 Santri Penghafal Alquran Ikuti Wisuda Akbar

- Senin, 14 Maret 2022 | 00:21 WIB
 WISUDA AKBAR: Para santri penghafal Alquran mengikuti wisuda akbar di GOR Mahesa Jenar. (SM/Arief Noegroho)
WISUDA AKBAR: Para santri penghafal Alquran mengikuti wisuda akbar di GOR Mahesa Jenar. (SM/Arief Noegroho)

PURBALINGGA, suaramerdeka-banyumas.com- Sebanyak 200 santri penghafal Alquran mengikuti wisuda akbar di GOR Mahesa Jenar, Minggu 13 Maret 2022.

Mereka santri dari berbagai Rumah Qur'an (RQ) di Purbalingga. Wisuda digelar oleh Yayasan Qur'ani Ibnu Mas'ud.

Pembina Yayasan Qur'ani Ibnu Mas'ud Ustaz Ahmad Basirt mengatakan, pihaknya membina 5 RQ dengan jumlah santri sekitar 1.000 santri baik anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Yakni RQ Blumbang sebagai pusatnya.

Baca Juga: Terpeleset dan Terjatuh, Satu Orang Pendaki Gunung Slamet Terluka

"Kemudian RQ Najwa As Shila di Desa Gemuruh Padamara, RQ Jariqu di Wirasana, RQ Hikary di Desa Sidakangen Kalimanah dan RQ Ar Rafa di Desa Sumampir Rembang. Peserta wisuda ini selain dari 5 RQ itu, juga dari RQ lainnya," kata Ahmad Basirt.

Dia menambahkan, Yayasan Qur'ani Ibnu Mas'ud juga telah mendirikan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ibnu Mas'ud di Desa Gemuruh dengan jenjang pendidikan D2. Untuk angkatan I berjumlah 18 mahasantri dengan program beasiswa tahfidz Qur'an.

"Pelaksanaan wisuda akbar ini akan dilakukan setiap tahun. Kali ini dengan 200 santri penghafal Alquran. Mereka sudah melewati proses ujian dan seleksi tahfidz sebelum ditetapkan ikut wisuda. Wisudawan terdiri dari beberapa kategori hafalan, yakni 1, 2, 3 dan 5 juz," katanya.

Baca Juga: Truk Bermuatan Beras Kecelakaan Terguling di Warung Warga Cibangkong

Dia menambahkan, ustaz dan ustazah pengajar di RQ memiliki kualifikasi sebagai penghafal Alquran juga. Pihaknya juga di bawah bimbingan syekh imam dari Timur Tengah.

"Ini merupakan kontribusi Yayasan Qur'ani Ibnu Mas'ud untuk Kabupaten Purbalingga. Yakni melahirkan generasi Qur'ani yang penghafal Alquran.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Karang dan Bodas Di Purbalingga Dinormalisasi

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:29 WIB
X