Indonesia Power PLTU Adipala OMU Dorong Pertumbuhan Kelompok Usaha Masyarakat

- Rabu, 23 Februari 2022 | 11:48 WIB
Kelompok Usaha Desa Bunton mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi. (SMBanyumas/dok)
Kelompok Usaha Desa Bunton mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi. (SMBanyumas/dok)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Indonesia Power PLTU Adipala OMU berkomitmen untuk mendorong tumbuhnya kewirausahaan atau kelompok-kelompok usaha masyarakat agar perekonomian di sekitar unit pembangkit dapat berkembang.

Hal ini diimplementasikan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), meliputi pendampingan, pelatihan dan bantuan pemasaran sehingga kelompok tersebut mampu berkembang menjadi kelompok usaha yang berdaya dan mandiri.

Salah satu kegiatannya, yaitu mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi untuk kambing dan sapi yang dilaksanakan Rabu, 16 Februari Februari 2022 di Desa Bunton, Kecamatan Adipala.

Dalam pelatihan ini Indonesia Power PLTU Adipala OMU bekerja sama dengan ACT, Pemerintahan Desa Bunton, serta Universitas Jendaral Soedirman Purwokerto sebagai pemateri.

Baca Juga: Kunjungi Pondok Boro, Menteri PPA Dorong Pemda Berikan Pelatihan Wirausaha untuk Perempuan

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta. Tujuan utama dari pelatihan tersebut sebagai alternatif peternak dalam memberi pakan pada hewan ternaknya.

Dengan fermentasi pakan ternak, maka peternak dapat memiliki persediaan pakan ternak dalam jumlah banyak dan memiliki umur simpan yang cukup lama tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada pakan tersebut.

Pelatihan tersebut juga menjadi terobosan mengingat terbatasnya pakan yang ada terlebih di saat cuaca yang tidak menentu.

Sehingga, pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi sangat membantu peternak kambing dan sapi di Desa Bunton.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gasak Dua Motor, Pencuri Bergitar Dibekuk Polisi

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:47 WIB
X